PENYELARASAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENILAIAN TAHAP 1 #ASESMEN DIAGNOSTIK

PENYELARASAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENILAIAN TAHAP 1


ASESMEN DIAGNOSTIK
Proses sistematis untuk mengumpulkan data siswa yang berfungsi untuk melihat kemampuan dan kesulitan yang dihadapi dalam belajar.Berdasarkan informasi tersebut guru akan dapat menyusun program pembelajaran yang bersifat realitas sesuai dengan kenyataan objektif.

Kegiatan Penyelarasan Implementasi Kebijakan Penilaian, yang dilaksanakan oleh Direktorat SMA
Kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi, yang dilaksanakan pada tanggal 6 s.d 9 Oktober 2021 di hotel Permata Bogor.


Apakah pembelajaran paradigma baru?

Pembelajaran paradigma baru memastikan praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Dengan paradigma baru ini, pembelajaran merupakan satu siklus yang berawal dari pemetaan standar kompetensi, perencanaan proses pembelajaran, dan pelaksanaan asesmen untuk memperbaiki
pembelajaran sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.


Pembelajaran paradigma baru memberikan keleluasaan bagi pendidik untuk merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.
Pada pembelajaran paradigma baru, Profil Pelajar Pancasila berperan menjadi penuntun arah yang memandu segala kebijakan dan pembaharuan dalam sistem pendidikan Indonesia, termasuk
pembelajaran, dan asesmen.Memahami Pembelajaran Paradigma Baru

Proses Pembelajaran Proses Asesmen Tujuan Pembelajaran Profil Pelajar Pancasila Kurikulum
Asesmen Pembelajaran 3 Profil Pelajar Pancasila Pada Profil Pelajar Pancasila, kompetensi dan karakter yang dapat dipelajari lintas disiplin ilmu tertuang dalam 6 dimensi. 




Pembelajaran dilaksanakan dengan mengacu pada prinsip pembelajaran sebagai berikut:
  1. Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini,sesuai kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.
  2. Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
  3. Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik.
  4. Pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan dan budaya peserta didik, sertamelibatkan orang tua dan masyarakat sebagai mitra.
  5. Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.
Bagaimana peran kepala sekolah dan pengawas pada pembelajaran paradigma baru?
Pengawasan proses pembelajaran dilakukan oleh kepala satuan pendidikan dan pengawas guna
peningkatan mutu secara berkelanjutan. Pengawasan proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan
pemantauan, supervisi, dan evaluasi proses pembelajaran, pelaporan hasil pengawasan serta tindak
lanjut secara berkala dan berkelanjutan.

Sumber:Permendikbud 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Prinsip Asesmen
  1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, memfasilitasi pembelajaran, dan menyediakan informasi yang holistik sebagai umpan balik untuk guru, peserta didik, dan orang tua, agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.
  2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.
  3. Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar dan menentukan keputusan tentang langkah selanjutnya.
  4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai serta strategi tindak lanjutnya.
  5. Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran
Sumber : 
DIREKTORAT SMA KEMDIKBUDRISTEK
editor @HandayaniNews.id

Posting Komentar untuk "PENYELARASAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENILAIAN TAHAP 1 #ASESMEN DIAGNOSTIK"