MANAJEMEN PENGELOLAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS YANG EFEKTIF DAN UNGGUL

MUHAMMAD FAEZAL (KEPALA BIDANG SMA) MENYAMPAIKAN PENTINGNYA MANAJEMEN PENGELOLAAN SEKOLAH DI SATUAN PENDIDIKAN

Senin 24 Januari 2022, SMA NEGERI 2 POLEWALI, Melaksanakan kegiatan Sosilaisasi Pentingnya manajemen Sekolah yang di hadiri langsung oleh Bapak Drs. Muhammad Faezal, M.Si selaku Kepala Bidang SMA Dinas Pendididikan dan kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat sebagai Narasumber. dalam paparan beliau menyampaiakna bahwa Manajemen Pengelolaan Sekolah merupakan proses pemanfaatan seluruh sumber daya sekolah yang dilakukan melalui tindakan yang rasional dan sistematik (mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengerahan tindakan, dan pengendalian) untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien dengan tujuan utama untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan dan meningkatkan relevansi pendidikan di sekolah, dengan adanya wewenang yang lebih besar dan lebih luas bagi sekolah untuk mengelola urusannya sendiri.

Kegiatan sosialisasi Pentingnya pengelolaan Sekolah diikuti Pengawas Satuan Pedidikan, Guru dan tenaga kependidikan SMA Negeri 2 Polewali, pentingnya kegiatan ini sebagai Model penilaian sekolah efektif salah satu instrumen yang diharapkan dapat digunakan oleh pengelola pendidikan untuk mengetahui tingkat keberhasilan setiap sekolah. Hasil penilaian tersebut selanjutnya dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk melakukan upaya perbaikan sekolah.  Sekolah yang memiliki sistem pengelolaan yang baik, transparan dan akuntabel, serta mampu memberdayakan setiap komponen penting sekolah, baik secara internal maupun eksternal, dalam rangka pencapaian visi-misi-tujuan sekolah secara efektif dan efesien. 

pada kesempatan yang sama Bapak Drs. Muhammad Faezal, M.Si selaku Kepala Bidang SMA Dinas Pendididikan dan kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat menyamaikan Konsep sekolah efektif adalah sekolah yang mampu mengoptimalkan semua masukan dan proses bagi ketercapaian output pendidikan, yaitu prestasi sekolah terutama prestasi siswa yang ditandai dengan dimilikinya semua kemampuan berupa. kompetensi yang dipersyaratkan didalam belajar.  menurut beliau ada empat Karekteristik sekolah efektif yaitu: 

  1. kepemimpinan kepala sekolah kuat. 
  2. harapan yang tinggi terhadap prestasi pelajar, 
  3. menekankan pada keterampilan dasar, dan 
  4. keteraturan dan atmosfer terkendali.

Kepemimpinan sekolah efektif oleh kepala Sekolah karena Kepala sekolah merupakan figure (key person) dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah yaitu sekolah yang efektif dan efesien.

sumber : Dokuementasi Humas SMAN 2 Polewali
Foto kepala Bidang SMA bersama Pengawas Satuan penddikan dan kepala SMAN 2 Polewali

Pada Kegiatan tersebut hadir pula Pengawas Satuan pendidikan bapak Drs. H. Abdul Rahman Arsyad, M.Si. karna kita pahami bersama bahwa Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat terkait erat  keterlibatan semua pihak serta peningkatan kompetensi dan profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) tanpa mengabaikan faktor-faktor lainnya seperti sarana dan prasarana serta pembiayaan. Kepala sekolah merupakan

salah satu PTK yang posisinya memegang peran sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh peran kepemimpinan kepala sekolah. Karena kepala sekolah sebagai pemimpin di

lembaganya, maka kepala sekolah harus mampu membawa lembaga ke arah tercapainya tujuan yang telah di tentukan. Kepala sekolah harus mampu melihat adanya perubahan terhadap regulasi pendidikan dan kehidupan globalisasi. Keunggulan suatu bangsa tidak lagi bertumpu pada kekayaan alam,

melainkan pada keunggulan sumber daya manusia (SDM), yaitu tenaga terdidik yang mampu menjawab tantangan-tantangan yang sangat cepat. Secara keseluruhan, di Indonesia  mutu SDM Indonesia saat ini masih ketinggalan dan berada di belakang SDM negara-negara maju dan negaranegara tetangga, seperti Malaysia dan Thailand. Kenyataan ini sudah lebih dari cukup untuk mendorong pakar dan praktisi pendidikan melakukan kajian sistematik untuk membenahi atau memperbaiki sistem pendidikan nasional. Agar keluaran dari sekolah mampu beradaptasi secara dinamis dengan perubahan dan tantangan tersebut, pemerintah melontarkan gagasan tentang manajemen pendidikan yang berbasis sekolah (school-based management) yang memberikan ruang yang luas bagi sekolah dan masyarakatnya untuk menentukan program dan rencana pengembangan diri  Sejalan dengan gagasan desentralisasi pengelolaan pendidikan, maka fungsi-fungsi pengelolaan sekolah perlu diberdayakan secara maksimal agar dapat berjalan secara efektif untuk menghasilkan mutu lulusan yang diharapkan oleh masyarakat dan bangsa. Hal tersebut perlu didukung oleh seperangkat instrument yang akan mendorong sekolah berupaya meningkatkan efektivitas fungsi-fungsi pengelolaannya secara terusmenerus sehingga mampu berkembang menjadi learning organization.

@handayaniNewsid


Posting Komentar untuk "MANAJEMEN PENGELOLAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS YANG EFEKTIF DAN UNGGUL"