Handayani news.id - Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus fokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi siswa. Karakteristik utama kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah:

  1. Pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan soft skill dan karakter sesuai profil siswa Pancasila.
  2. Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu yang cukup untuk mempelajari kompetensi dasar secara mendalam seperti literasi dan numerasi.
  3. Keleluasaan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai dengan kemampuan siswa dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Kurikulum Merdeka terbuka untuk digunakan oleh seluruh satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, Pendidikan Luar Biasa, dan Kesetaraan.

Satuan pendidikan menentukan pilihan berdasarkan Kuesioner Kesiapan Implementasi Kurikulum Mandiri yang mengukur kesiapan guru, tenaga kependidikan dan satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum. Pilihan yang paling tepat mengacu pada kesiapan satuan pendidikan. Penerapan Kurikulum Mandiri akan lebih efektif jika lebih sesuai dengan kebutuhan.

Beban kerja guru pada satuan pendidikan pelaksana Kurikulum Mandiri mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pemenuhan beban kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Berdasarkan peraturan tersebut, beban kerja guru meliputi kegiatan pokok sebagai berikut:

  1. merencanakan pelajaran atau pendampingan;
  2. melaksanakan pembelajaran atau pendampingan;
  3. menilai hasil pembelajaran atau pendampingan;
  4. membimbing dan melatih siswa; dan
  5. melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja guru.

Kegiatan utama pelaksanaan pembelajaran atau pendampingan harus memenuhi minimal 24 (dua puluh empat) jam pertemuan tatap muka per minggu dan paling banyak 40 (empat puluh) jam pertemuan tatap muka per minggu.

Demikian Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Mandiri yang dapat anda unduh dan pelajari lebih lanjut, semoga bermanfaat.

download Pedoman Penerapan Kurikulum MerdekaπŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡


Sumber : Direktorat SMA Kemendikbudristek

Posting Komentar untuk " "