SMA NEGERI 1 MAMUJU BERWIRAUSAHA MELALUI "AQUASCHOLS"

AQUASCHOOLS (Aquascape and Schools) 
SMAN 1 Mamuju Menciptakan lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan
melalui komunitas Aquascape di Satuan Pendidikan

Sumber : dokumentasi Aquaschool

Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup dan cara memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang dihadapinya. Sebagai suatu disiplin ilmu, Kewirausahaan adalah hasil dari proses yang disiplin, sistematis dalam menerapkan kreatifitas dan inovasi berdasarkan kebutuhan dan kesempatan yang ada di pasar (Zimmerer, 1996) . Dalam pengertian tersebut terdapat dua hal penting bagi pendidikan Kewirausahaan yaitu pertama kemampuan mengidentifikasi kebutuhan dan kesempatan yang ada di pasar, dan kedua kemampuan mengembangkan kreatifitas dan inovasi untuk memenuhi kebutuhan dan kesempatan pasar tersebut.



Program kewirausahaan dimaksudkan sebagai salah satu upaya memberi bekal kepada peserta didik agar mereka memahami konsep kewirausahaan, memiliki karakter wirausaha, mampu memanfaatkan peluang, dan mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan.


SMA Negeri 1 Mamuju salah satu sekolah mendukung terbentuknya lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan, mencoba konsep kewirausahaan yang berbeda dengan sekolah lain bukan hanya mengelola bahan menjadi sebuah pruduct tetapi nilai proses pembuatan melibatkan beberapa disiplin ilmu, belajar sambil menemukan atau biasa disebut dengan "metode Inkuiri" SMAN 1 Mamuju Mengusung tema "Belajar memahami Ekosistem melalui Aquaschools "


"Aquaschols" kepanjangan dari Aquascape and Schools adalah Program Education Ekosostem dalam air dengan menerapkan disiplin ilmu Biologi, kimia, Fisika, Seni Budaya dan Prakarya.  Aquascape adalah seni mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan  efek seperti berkebun di bawah air.

Tujuan utama Aquascaping  yaitu untuk menciptakan sebuah pemandangan bawah air yang bagus dengan mempertimbangkan aspek pemeliharaan tanaman air. Seperti tanaman pada umumnya, tanaman air juga membutuhkan energi melalui proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses sintesis karbohidrat dari bahan bahan anorganik (CO2 dan H2O) pada tumbuhan berpigmen dengan bantuan energi cahaya matahari (Niosong Ai;2012). 


Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam proses fotosintesis antara lain yaitu pencahayaan/lighting sebagai pengganti sinar matahari, tingkat kekeruhan air dan suhu air pada aquascape. Untuk mendapatkan hasil  yang maksimal pada proses fotosintesis tumbuhan aquascape maka perlu dilakukan perawatan secara intens dan rutin.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Mamuju, Ibu Hj. Halima, S.Pd,M.Pd sangat mendukung dengan adanya komunitas "AQUASCHOLS SMAN 1 Mamuju" dan program Kewirausahaan di sekolah yang diharapkan dapat berperan dalam mengembangkan dan membudayakan nilai-nilai kewirausahaan dengan tujuan antara lain:

  1. Meningkatkan daya inisiatif sekolah untuk mengembangkan program kewirausahaan;
  2. Memperkuat pendidikan karakter peserta didik melalui program kewirausahaan di SMA;
  3. Memperkuat aspek kreatifitas dan literasi dalam ber wirausaha
  4. Mendorong sekolah untuk mengembangkan pribadi peserta didik yang memiliki kar- akter wirausaha.
  5. Mengoptimalkan pendayagunaan potensi sumberdaya sekolah, keunggulan lokal dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan kewirausahaan;
  6. Mengembangkan praktik-praktik terbaik penyelenggaraan program kewirausahaan berbasis keunggulan lokal yang dapat dirujuk sekolah lain;
kami selalu mendukung program Direktorat SMA salah satunya Program Kewirasuhaan , SMA maju bersama Hebat Semua......... "kutipan kepala SMAN 1 Mamuju"

Mamuju, 21 Desember 2021
Editor: Handayani News.Id


Posting Komentar untuk "SMA NEGERI 1 MAMUJU BERWIRAUSAHA MELALUI "AQUASCHOLS" "