MANAKARRA SWIMMING CLUB (WADAH PEMBINAAN CABOR RENANG)

 Mimpinya Lahirkan Atlet Renang Nasional


Perkumpulan renang Manakarra Swimming Club (MSC) merupakan klub renang pertama dan satu-satunya di Mamuju yang tercatat sebagai anggota resmi Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Mamuju, Sulawesi Barat.


Klub renang ini bermarkas di kolam renang Almira Cafe & Pool di Jalan Soekarno Hatta, Mamuju, dan telah dilengkapi akta pendirian perkumpulan/klub. Didirikan pada 2 Mei 2018 dengan delapan pelatih profesional, yakni Aswad Muhammad, Syahrir, Elvis Muslatif, Burhanuddin, Aan Ardianzah, Arfian, Yance, dan Aswin Iskandar L.

"Semuanya telah memiliki lisensi pelatih nasional, baik itu lisensi pelatih renang level B nasional, lisensi pelatih fisik nasional, serta lisensi wasit renang nasional," kata salah satu perintis MSC, Aswad Muhammad, Rabu (20/10/2021).


Menurut Aswad, sederet prestasi telah ditorehkan oleh atlet binaan klub renang tersebut, antara lain mewakili Sulawesi Barat pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat (Porprov) hingga Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

Perenang anak-anak MSC tengah berlatih di kolam renang. Foto: Dok. Istimewa
Dia menambahkan, kendala yang dihadapi MSC dalam melakukan pembinaan olahraga renang saat ini yaitu fasilitas kolam renang untuk latihan belum memadai, peralatan latihan penunjang sangat terbatas, kurangnya kompetisi renang, serta belum adanya anggaran khusus untuk kegiatan pembinaan olahraga renang prestasi dari pihak pemerintah.

Untuk tetap bertahan, MSC membuka jasa les atau kursus renang untuk semua kategori usia, mulai dari usia kanak-kanak hingga dewasa serta membuka privat renang khusus bagi casis yang akan mengikuti seleksi penerimaan anggota TNI, Polri, Basarnas serta sekolah kedinasan lainnya.
"Hal ini kita lakukan agar sebagian kecil kebutuhan peralatan latihan serta pakaian tanding yang terbilang cukup mahal bisa tertutupi, meskipun hal itu masih jauh dari kata cukup," ujar Aswad.
Dia menyebutkan kolam renang yang berstandar nasional masih dalam proses pembangunan di area Stadion Manakarra Mamuju. Untuk itu, Aswad berharap para pelatih renang di MSC diberikan ruang seluas-luasnya untuk melakukan pembinaan atlet renang prestasi.
Menurut dia, mimpi terbesar MSC adalah olahraga renang menjadi salah satu olahraga prioritas di Kabupaten Mamuju maupun di Sulawesi Barat dan ke depan Pemkab Mamuju maupun Pemprov Sulawesi Barat mempertimbangkan untuk mendirikan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) renang sehingga pembinaan olahraga renang lebih terstruktur dan terpusat.





Post a Comment for "MANAKARRA SWIMMING CLUB (WADAH PEMBINAAN CABOR RENANG)"