SOSIALISASI DAN PENYULUHAN PENYALAGUNAAN NARKOBA POLDA SULBAR

SOSIALISASI DAN PENYULUHAN
PENYALAGUNAAN NARKOBA DAN PENERAPAN PROKES COVID 19 SERTA
PROGRAM PERCEPATAN VAKSINASI NASIONAL POLDA SULAWESI BARAT TAHUN 2022

HANDAYANI NEWS. ID, 26 Januari 2022 Direktorat  Binmas POLDA Sulawesi Barat Melaksanakan Sosialisasi dan penyuluhan Penyalagunaan Narkoba dan penerapan Prokes Covid 19 serta Program Percepatan Vaksinasi Nasional, serta peyerahan bantuan Peralatan Olahraga berupa Bola Kaki, Bola Voly Handszanitiser dan Masker.

Kegiatan ini di laksanakan di SMA Negeri 2 Mamuju dan di ikuti oleh Pengurus OSIS, Pramuka dan perwakilan Siswa di setiap kelas, pada paparan Materi Pentingnya Pencegahan Penyalagunaan Narkoba dan napza yang di bawahkan oleh bapak Kasub Bintibsos  POLDA Sulawesi Barat Kompol Muhammad Imbar Bakri, S.Pd. SH. MH. 

pada Paparan beliau menyampaikan bahwa Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan bahan zat adiktif lainnya. Jika zat-zat ini masuk ke dalam tubuh, akan menimbulkan pengaruh pada kerja otak. Narkoba memiliki daya adiksi atau ketagihan, daya toleran, dan daya habitual (kebiasaan) yang sangat kuat, sehingga menyebabkan pemakai narokba tidak bisa lepas dari ketergantungannya terhadap narkoba.

Beliau juga menyampaikan bahwa Jumlah pengguna narkoba di Indonesia  setiap tahunnya selalu terus meningkat. Penyalahgunaan narkoba di kalangan para pelajar merupakan satu hal yang harus perlu diwaspadai orangtua karena ada banyak bahaya narkoba bagi para pelajar atau remaja. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari merusak masa depan para remaja hingga mengancam kesehatan tubuh, baik dalam jangka panjang maupun dalam jangka pendek.

yang perlu di ketahui bersama bahwa Bahaya Narkoba Bagi Remaja

Para pencandu narkotika itu pada umumnya berusia 11 sampai 24 tahun. Artinya diusia tersebut ialah usia pelajar atau usia produktif. Awalnya mencoba lalu mengalami ketergantungan terhadap narkoba dan dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap anak remaja adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan sikap, kepribadian, dan perangai.
  2. Menurunya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran.  
  3. Menjadi emosional mudah marah dan mudah tersinggung.
  4. Malas tidak mempedulikan kesehatan diri suka mencuri atau berbuat kriminal hanya untuk membeli narkoba.
  5. Paranoia (rasa takut dan kecurigaan yang berlebihan).
  6. Halusinasi.

 adapun Faktor-Faktor Penyebab Remaja Menggunakan Narkoba

Para remaja yang menggunakan obat-obatan terlarang banyak disebabkan oleh faktor pengaruh lingkungan dan individu yang buruk. Berikut faktor-faktor tersebut:

1. Faktor individu

Sebab remaja yang sedang mengalami perubahan biologis, psikologi maupun sosial merupakan individu yang rentan untuk menggunakan penyalahagunaan narkoba. Remaja dengan ciri-ciri tertentu mempunyai resiko lebih besar untuk menjadi pemakai narkoba.

2. Faktor lingkungan

Komunikasi dengan orangtua kurang baik Orangtua terlalu sibuk atau tidak acuh Orangtua yang serba membolehkan apa saja anaknya yang dilakukan

 3. Lingkungan sekolah

Sekolah yang terletak dekat tempat penjual narkoba dan tempat hiburan Perarturan sekolah yang kurang ketat Sekolah tidak memberi kesempatan pada siswanya untuk mengembangkan diri secara kreatif dan positif

4. Lingkungan pergaulan

Berteman dengan pengguna atau pemakai narkoba Tekanan dan ancaman dari teman kelompok atau pengedar narkoba

 Upaya Pencegahan Pada Remaja

pada akhir materi beliau menyampaikan bahwa Pencegahan penyebaran nakoba di kalangan remaja, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini semua pihak terutama orangtua, guru dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mengawasi ancaman narkoba terhadap anak-anak remaja.

Oleh karena itu kita bisa melakukan kerja sama dengan pihak yang dinkes, Diknas serta pihak terkait untuk melakukan penyuluhan tentang berbahayanya narkoba. Pendampingan orangtua pun sangat berperan penting dengan memberikan kasih sayang dan perhatian.


Sumber: Humas SMA 2 Mamuju
@handayaniNews.Id


Posting Komentar untuk "SOSIALISASI DAN PENYULUHAN PENYALAGUNAAN NARKOBA POLDA SULBAR"