UPACARA BENDERA, WADAH PENGUATAN KARAKTER SISWA

MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA 
MELALUI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER


 “Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih
kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan.
Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan
kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya.
Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang.”
~ Ki Hajar Dewantara;


HANDAYANI NEWS.ID- Senin 24 Januari 2022 Kepala Bidang SMA Bapak Drs. Muhammad Faezal M.Si bertindak selaku Pembina Upacara bendera dilapangan SMAN 2 Polewali, dalam amanat pembina upacara menyampaikan beberapa hal salah satunya bahwa Upacara Bendera adalah bagian dari Pendidikan karakter untuk mewujudkan Profil pelajar pancasila. beliau berpesan bahwa membangun karakter dapat dilakukan dengan menanamkan kebiasaan tentang hal yang baik sehingga siswa menjadi paham tentang tata nilai kehidupan serta menanamkan konsep mana yang boleh dan mana yang tidak, serta mampu memberikan teladan hidup.


Pentingnya Upacara Bendera tersirat nilai nilai berbangsa dan bernegara, nasionalisme, serta  dalam kegiatan upacara bendera, sikap religius yang dapat ditanamkan adalah sikap keteraturan dalam barisan. Bahwa setiap agama di Indonesia mengajarkan umatnya untuk hidup teratur dan tertib, sikap ini dilatih dalam barisan peserta upacara. Pada amanat pembina upacara, Selain itu menanamkan sikap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemerdekaan dan penghidupan yang baik di Negara yang damai. Mengheningkan cipta seraya berdoa, merupakan sikap religius untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Setelah rangkaian upacara selesai, ditutup dengan pembacaan doa yang sarat dengan pesan religius.

Sumber : Dokuemtasi Humas SMA 2 Polewali
Foto kepala Bidang Bersama siswa Berprestasi didampingi pengawas satuan pendidikan dan kepala SMA Negeri 2 Polewali 

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang SMA Bapak Drs. Muhammad Faezal M.Si memberikan apresiasi kepada Siswa Berprestasi di SMA Negeri 2 Polewali, siswa yang telah mengharumkan nama baik Sulawesi Barat di event bergengsi ditingkat daerah maupun tingkat Nasional, apresiasi ini bagian dari motivasi bagi siswa untuk mengukir prestasi baik tingkat daerah maupun tingkat Nasional, Kepala Bidang berpesan kepada Peserta upacara bahwa semua memiliki kesempatan yang sama untuk andil mengisi kemerdekaan dengan belajar yang tekun, mengali potensi minat dan bakat yang terpendam serta beliau mengingatkan bahwa Keteladan hidup yang ada pada diri sesorang tidak datang dengan sendirinya tetapi dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah watak dan karakter serta pembiasaannya dalam kehidupan sehari-hari. berbagai macam permasalahan yang fundametal yang bisa mengancam generasi penerus bangsa sehingga pemerintah merancang sebuah pondasi yang kuat untuk manangkal pengaruh negatif dengan nama PROFIL PELAJAR PANCASILA.

Profil Pelajar Pancasila ini dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan Indonesia. Tidak hanya untuk kebijakan pendidikan di tingkat nasional saja, akan tetapi diharapkan juga menjadi pegangan untuk para pendidik, dalam membangun karakter anak di ruang belajar yang lebih kecil.

Pelajar Pancasila disini berarti pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Pelajar yang memiliki profil ini adalah pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya. Dimensi ini antara lain: 
1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 
2) Mandiri; 
3) Bergotong-royong; 
4) Berkebinekaan global; 
5) Bernalar kritis; 
6) Kreatif. 
Keenam dimensi ini perlu dilihat sebagai satu buah kesatuan yang tidak terpisahkan. Apabila satu dimensi ditiadakan, maka profil ini akan menjadi tidak bermakna. Sebagai contoh: ketika seorang pelajar perlu mengeluarkan ide yang baru dan orisinil untuk memecahkan masalah, diperlukan juga kemampuan bernalar kritis untuk melihat permasalahan yang ada. 

Solusi yang dihasilkan juga perlu mempertimbangkan akhlak kepada makhluk hidup lain yang dapat dimunculkan dari dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, perlu melibatkan orang lain beserta perannya dari dimensi Gotong Royong dan Berkebinekaan Global, serta mempertimbangkan kemampuan diri dalam solusi yang dihasilkan dalam dimensi Mandiri. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sekilas penjelasan mengenai Profil Pelajar Pancasila ini. 


Semoga info ini bermanfaat 🙏
@handayaninewsid


Posting Komentar untuk "UPACARA BENDERA, WADAH PENGUATAN KARAKTER SISWA"