BIMTEK DIGITALISASI SEKOLAH TAHUN 2022


Digitalisasi sekolah merupakan sebuah intervensi yang mendorong penyediaan layanan cepat, otomatis, dan terbuka agar bisa sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi masa kini

Perkembangan dunia digital begitu dinamis yang lambat laun bukan sekadar mempengaruhi tapi mengubah gaya hidup masyarakat tanpa dan sulit dihindari. Program digitalisasi sekolah harus didukung dan ditindaklanjuti dengan peningkatan kompetensi guru, khususnya di bidang penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini karena guru merupakan ujung tombak dan penentu keberhasilan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guna mempercepat terciptanya sumber daya manusia Indonesia yang unggul.

Salah satu bentuk keseriusan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan teknologi untuk mewujudkan Digitalisasi Sekolah selain dengan memberikan Bantuan Pemerintah dalam Bentuk Seperangkat Peralatan TIK berupa Crombook, Proyektor, Konektor,  melalui Direktorat Sekolah Menengah Atas melaksanakan Kegiatan " Bimbingan Teknis Pendampingan Digitalisasi Sekolah" yang di ikuti oleh Seluruh sekolah yang mendapatkan bantuan Berupa Crombook, pada kegiatan tersebut peserta di berikan pendampingan dan pelatihan Pemanfaatan Crombook dalam pembuatan Media pembelajaran. kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Novotel Tanggerang, Banten pada tanggal 23 s.d 26 Juni 2022.

Pemanfaatan teknologi informasi dan perangkat lunak pendidikan yang interaktif dikemas ke dalam digitalisasi sekolah. Ini adalah jalan untuk memperkaya pendidikan dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam kelas tradisional. Selain itu, teknologi merupakan sumber daya yang bagus bagi guru sebagai penunjang dalam proses pengajaran dan pembelajaran.

Teknologi dalam dunia pendidikan biasanya disebut dengan e-learning. Manfaat dari pemakaian fasilitas e-leaning adalah untuk memperlancar proses pembelajaran. Penggunaan e-learning ini juga akan memberikan dampak yang positif terhadap hasil pembelajaran.

Secara umum ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Satu dari faktor internal itu adalah minat belajar yang memiliki hubungan erat terhadap hasil pembelajaran.

Hal ini berarti selain berdampak positif terhadap hasil belajar, penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat berdampak positif terhadap minat belajar. Penggunaan teknologi diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional dirasa kurang menyenangkan dan terbilang monoton.

Dokuemntasi Kegitan :







Sumber : Dokuemntasi Peserta Bimtek
akun Youtube Direktorat SMA

Posting Komentar untuk "BIMTEK DIGITALISASI SEKOLAH TAHUN 2022"