Festival Komunitas belajar.id Kemendikbudristek RI tahun 2022

Kemendikbudristek RI bekerja sama dengan PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) menggelar Festival Komunitas belajar.id.

Sumber : Jarkom Teman SMA

Selasa, 25 Oktober 2022, dan akan berlangsung hingga Kamis, 3 November 2022. Tema yang diusung adalah “Bangkit Bersama belajar.id” . Festival yang diselenggarakan secara berani itu akan dibuka oleh Direktur Jenderal PAUD Dikdas dan Dikmen Dr. Iwan Syahril, Ph.D, Kepala Pusdatin Dr. M. Hasan Chabibie, M.Si., dan Strategic Partner Manager Google for Education Ganis Samoedra Murharyono. Festival yang terdiri dari 33 sesi tersebut akan langsung melalui beberapa kanal YouTube, yaitu milik REFO, Ditjen GTK, Ditjen PAUD Dikdas dan Dikmen, Televisi Edukasi, PAUDPEDIA, Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat SMP, Direktorat SMA, Direktorat PMPK, dan Facebook REFO .

Festival Komunitas belajar.id adalah sebuah rangkaian acara virtual yang diadakan untuk memberdayakan, memampukan dan mengapresiasi para pendidik dan peserta didik dalam komunitas belajar.id termasuk pemegang kepentingan di dinas dan semua institusi yang bergerak di bidang pendidikan, agar dapat memanfaatkan Akun belajar.id untuk peningkatan mutu pembelajaran.

Tema “Bangkit Bersama belajar.id” diangkat dengan menyesuaikan tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, di mana diharapkan Indonesia dapat segera bangkit lebih cepat dan lebih kuat dari situasi pandemi yang melanda selama dua tahun lebih. Begitu juga dengan pendidikan di Indonesia, dengan Akun belajar.id, diharapkan dapat bangkit lebih kuat dari keadaan sebelum masa pandemi.

Adapun tujuan dari festival tersebut adalah:

Memberikan semangat dan dukungan kepada para pemimpin dan anggota komunitas pendidik di seluruh Indonesia;

Menyosialisasikan pemanfaatan Akun belajar.id kepada peserta didik; Memperkenalkan sumber-sumber pemberdayaan terkait pemanfaatan Akun belajar.id; dan Memberikan apresiasi kepada para Kapten, Ko-Kapten, Google Master Trainer, pembuat bahan ajar, komunitas penerima Chromebook dan komunitas lokal yang berhasil mendorong pendidik dan peserta didik di daerahnya untuk mengaktivasi dan menggunakan Akun belajar.id.

Dalam Festival Komunitas belajar.id 2022 ini, para narasumber, yang terdiri dari para pendidik dan peserta didik dari berbagai daerah di Indonesia, akan berbagi tentang: Sepak terjangnya dalam pemanfaatan dan penyebaran Akun belajar.id; Tip dan trik untuk mengoptimalkan manfaat Akun belajar.id dalam keterbatasan infrastruktur, termasuk internet; dan Sumber-sumber pemberdayaan pendidik dalam memanfaatkan Akun belajar.id.

Adapun jadwal pelaksanaan sesi-sesi dalam Festival Komunitas belajar.id 2022 adalah sebagai berikut:

Selasa, 25 Oktober 2022

15.00-16.00 WIB Festival Pembukaan Komunitas belajar.id bit.ly/feskombelajarid

Pukul 18.30-19.30 WIB Membuat dan Membuat Bahan Ajar yang Menarik di Platform Merdeka Mengajar (PMM)📍bit.ly/bahanajarpmm

Rabu, 26 Oktober 2022

Pukul 15.00-16.00 WIB Membuat Proyek Pengenalan Kelas Bersama dengan Google Sites📍bit.ly/proyekkelasgooglesites

Pukul 18.30-19.30 WIB Tantangan dan Serunya Menggunakan Google Slides untuk Pembelajaran PAUD📍bit.ly/googleslidespaud

Kamis, 27 Oktober 2022

Pukul 15.00-16.00 WIB Serunya Siswa Berpetualang ke negara-negara ASEAN dengan Google Form 📍bit.ly/petualangangoogleform

Pukul 18.30-19.30 WIB Pantang Menyerah Chromebook demi Masa Depan Anak Didik📍bit.ly/chromebookmasadepan

Jumat, 28 Oktober 2022

Pukul 15.00-16.00 WIB Cara Seru Mengajar dengan Jamboard dan Google Search di Sekolah Dasar📍bit.ly/jamboardsearchsd

Pukul 18.30-19.30 WIB Cara Efektif untuk meningkatkan Aktivasi dan Pemanfaatan Akun belajar.id📍bit.ly/efektifaktivasibelajarid

Senin, 31 Oktober 2022

Pukul 15.00-16.00 WIB Cara Efektif Siswa Berkolaborasi Membuat Presentasi di Google Slides📍bit.ly/efektifkolaborasigoogleslides

Pukul 18.30-19.30 WIB Kecanggihan Pemanfaatan Google Classroom dan Google Lens di Jenjang SMP📍bit.ly/canggihclassroomlens

Selasa, 1 November 2022

15.00-16.00 WIB Teknik Pukul Proyek dengan belajar.id di Jenjang SMA bit.ly/proyekbelajaridsma

18.30-19.30 WIB Mengubah Cara Bekerja Bersama Mentor di Google Master Trainer📍bit.ly/carakerjagmt

Rabu, 2 November 2022

Pukul 15.00-16.00 WIB Membuat Laporan Praktik Kerja Lapangan dengan belajar.id di Jenjang SMK📍bit.ly/pklbelajaridsmk

Pukul 18.30-19.30 WIB Sukses dalam Aktivasi belajar.id. Apa Langkah Selanjutnya?📍bit.ly/suksesaktivasibelajarid

Kamis, 3 November 2022

Pukul 15.00-16.00 WIB Yang Baru dan Keren dari belajar.id dan Platform Merdeka Mengajar📍bit.ly/pmmbelajaridkeren

Pukul 18.30-19.00 WIB Bangkit Bersama belajar.id📍bit.ly/bangkitbersamabelajarid

Para pemirsa juga akan memiliki kesempatan berinteraksi langsung secara virtual dengan Narasumber di sesi Meet & Greet yang diadakan setelah setiap sesi utama melalui platform Google Meet.

Penyelenggara juga menyediakan tautan https://bit.ly/subfestivalbelajarid, sehingga pengingat jadwal festival akan terpasang otomatis di Google Kalender. Dengan begitu, para pengguna Google Calendar akan mendapatkan pengingat pada setiap pukul 14.00 WIB selama tanggal 15 Oktober 2022 hingga 3 November 2022.

Ini adalah kedua kali Kalinya Festival belajar.id diadakan. Pada tahun 2021 yang lalu, Festival Pendidik belajar.id dengan tema “Terbang Bersama belajar.id” merebut perhatian lebih dari 16.900 satuan pendidikan, terbukti dengan jumlah penonton unik atau tampilan per akun dari kanal-kanal yang menyiarkannya. Tahun ini, Festival Komunitas belajar.id 2022 diharapkan akan meraih jumlah penonton unik sebanyak 15.000 pendidik dan 5.000 siswa di setiap sesinya.

Menenal Akun belajar.id

Akun belajar.id adalah Akun Pembelajaran yang diberikan Kemendikbudristek RI kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan. Dengan Akun belajar.id, satuan pendidikan di seluruh Indonesia dapat mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemendikbudristek RI hingga beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka maupun jarak jauh.

Mengenal PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) 

PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) lahir dari keyakinan akan potensi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih baik. Visi REFO adalah untuk melihat Indonesia 2045, yang dipimpin oleh individu-individu yang holistik, memiliki tujuan hidup, dan berketuhanan. Dengan mengembangkan keahlian, memberdayakan komunitas, dan memampukan pendidikan di Indonesia untuk mengoptimalisasi teknologi digital dalam pembelajaran, tujuan utama REFO adalah mereformasi pemangku kepentingan pendidik untuk menghasilkan pemimpin yang siap membangun bangsa. Area keterlibatan REFO saat ini adalah Teknologi Pendidikan, Kepemimpinan Pemuda, Platform Ide, Pemberdayaan Komunitas dan Bimbingan Startup. REFO Indonesia adalah mitra Google for Education di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Narahubung / cek tautan berikut:

Pepita Gunawan : pepita@refoindonesia.com, 

Esther Chandra : esther@refoindonesia.com

REFO Indonesia : https://refoindonesia.com, : 

https://youtube.com/REFOIndonesia , 

https://instagram.com/REFOIndonesia, https://facebook.com/REFOIndonesia,https://twitter.com/REFOIndonesia.

Sumber : JARKOM TEMAN SMA, DIREKTORAT SMA, KEMENDIKBUDRISTEK

Posting Komentar untuk "Festival Komunitas belajar.id Kemendikbudristek RI tahun 2022"