Review Buku MPI (konsep dan Pengembangan)

Review Buku “Multimedia Pembelajaran Interaktif (konsep dan Pengembangan)” Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D.

Oleh : Stevanus Galih Febriawan/22107251039/Universitas Negeri Yogyakarta


Hal yang sudah baik

1.     Hal yang sudah baik ada pada halaman Cover. Desain halaman cover ini secara makna sudah sangat mencerminkan isi dari buku ini.

2.     Dari segi konten, buku ini sudah sangat runtut dalam penyampaian materi dari setiap Bab nya. Hal ini sangat penting untuk menghindari salah paham dan kesulitan bagi pembaca.

3.     Sajian dalam buku ini dengan mengintegrasian antara konsep dan pengembangan multimedia pembelajaran menjadi sangat baik karena jika pengembangan tanpa didasari konsep tidak akan menjadi sia-sia. Begitu sebaliknya jika konsep tanpa diikuti dengan pengembangan tidak akan menjadi apa apa.

 Hal yang masih kurang

1.       Contoh teknologi terbaru.

2.       Pada Cover untuk tampilannya bisa diganti icon-icon terbaru agar lebih terlihat modern seperti gambar VR atau AR yang saat ini sedang booming. Tanpa meninggalkan esensi dari makna cover yang saya sampaikan di awal tadi.

Bab yang harus ditambahkan

1.     Bab yang perlu ditambakan adalah Bab yang berisi contoh-contoh teknologi terbaru yang sudah atau bisa dikembangkan kedalam pembelajaran. Hal ini sangat penting sebagai inspirasi pembaca dalam mengembangkan multimedianya.

Demikian review buku Multimedia Pembelajaran Interaktif yang murni dari pandangan saya setelah membaca buku ini. Terima kasih.


DAFTAR PUSTAKA

 

Alessi and Trolip. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Boston: Allyn and Bacon.

Borg, W. & Gall, M. (1983), Educational Research: An Introduction 4th edition. New York: Longman Inc.

Chapman. (2009). Digital Multimedia. 3ed. New York: John Wiley & Sons.

Clark, Ruth Colvin and Mayer, Richard E. (2016).  E-  Learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers  and  designers  of multimedia learning, 4th  ed.  San  Francisco,  CA: John Wiley & Sons, Inc.

Höffler, T. N., & Leutner, D. (2007). Instructional animation versus static pictures: A meta-analysis. Learning and Instruction, 17, 722–738.

Ivers and Barron. (2002). Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing, 2ed. Westport: Teacher Ideas Press.

Lee, William W and Owens, Diana L. (2004). Multimedia- based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based  solutions,  2nd  ed.   San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.

Maloni, T.W., and Lepper, M.R. (1987). Making learning fun: A taxonomy of intrinsic motivation for learning. In

R.E. Snow & M.J. Farr (Eds.),  Aptitude,  Learning,  and InstructionaI. Conative and Affective Process Analysis. Hillsdale, N J: Lawrence Erlbaum.

Mayer, R.  E.  (2001).  Multimedia  learning  1st Edition.

Cambridge: Cambridge University Press.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning 2nd Edition.

Cambridge: Cambridge University Press.

Mayer, R. E., Mathias, A., & Wetzell, K. (2002). Fostering understanding of  multimedia  messages  through pretraining: Evidence  for  a  two-stage  theory of mental model construction. Journal of Experimental Psychology: Applied, 8, 147–154.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (1999) Cognitive principles of multimedia learning: The role of modality and contiguity. Journal of Educational Psychology, 91, 358–368.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). Engaging students in active learning: The case for personalized multimedia messages. Journal of Educational Psychology, 92, 724–733.

Morrison, Gary R. Designing Effective Instruction, 6th Edition. John Wiley & Sons, 2010.

Reddi UV, Mishra S. (2003). Educational multimedia: A handbook for teacher-developers. New Delhi: CEMCA Surjono, Herman D. (2013). Membangun Course Elearning berbasis   Moodle  Edisi     Kedua.   Yogyakarta:  UNY

Press.

Sweller, J. (1988). Cognitive load during problem solving: Effects on learning. Cognitive Science, 12, 257-285.

Vaughan, Tay. (2011). Multimedia: Making It Works. 8th Edition. New York: McGraw Hill.

Sumber : 

Buku: Herman Dwi Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama. Yogyakarta: UNY Press.
 

Posting Komentar untuk "Review Buku MPI (konsep dan Pengembangan)"