
Review Buku
“Multimedia Pembelajaran Interaktif (konsep dan Pengembangan)” Prof. Herman Dwi
Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D.
Oleh : Stevanus
Galih Febriawan/22107251039/Universitas Negeri Yogyakarta
Hal yang sudah
baik
1.
Hal
yang sudah baik ada pada halaman Cover. Desain halaman cover ini secara makna
sudah sangat mencerminkan isi dari buku ini.
2.
Dari
segi konten, buku ini sudah sangat runtut dalam penyampaian materi dari setiap
Bab nya. Hal ini sangat penting untuk menghindari salah paham dan kesulitan
bagi pembaca.
3.
Sajian
dalam buku ini dengan mengintegrasian antara konsep dan pengembangan multimedia
pembelajaran menjadi sangat baik karena jika pengembangan tanpa didasari konsep
tidak akan menjadi sia-sia. Begitu sebaliknya jika konsep tanpa diikuti dengan
pengembangan tidak akan menjadi apa apa.
Hal yang masih kurang
1.
Contoh
teknologi terbaru.
2.
Pada
Cover untuk tampilannya bisa diganti icon-icon terbaru agar lebih terlihat
modern seperti gambar VR atau AR yang saat ini sedang booming. Tanpa
meninggalkan esensi dari makna cover yang saya sampaikan di awal tadi.
Bab yang harus
ditambahkan
1.
Bab
yang perlu ditambakan adalah Bab yang berisi contoh-contoh teknologi terbaru
yang sudah atau bisa dikembangkan kedalam pembelajaran. Hal ini sangat penting
sebagai inspirasi pembaca dalam mengembangkan multimedianya.
Demikian review
buku Multimedia Pembelajaran Interaktif yang murni dari pandangan saya setelah
membaca buku ini. Terima kasih.
Alessi and Trolip. (2001). Multimedia for learning:
Methods and development. Boston: Allyn and Bacon.
Borg, W. & Gall, M. (1983), Educational Research: An
Introduction 4th edition. New York: Longman Inc.
Chapman. (2009). Digital Multimedia. 3ed. New York: John
Wiley & Sons.
Clark, Ruth Colvin and Mayer, Richard E. (2016). E-
Learning and the science of instruction: proven guidelines for
consumers and designers
of multimedia learning, 4th
ed. San Francisco,
CA: John Wiley & Sons, Inc.
Höffler, T. N., & Leutner,
D. (2007). Instructional animation versus static pictures: A meta-analysis. Learning and
Instruction, 17, 722–738.
Ivers and Barron. (2002). Multimedia Projects in
Education: Designing, Producing, and Assessing, 2ed. Westport: Teacher Ideas
Press.
Lee, William W and Owens, Diana L. (2004). Multimedia-
based instructional design: computer-based training, web-based training,
distance broadcast training, performance-based
solutions, 2nd ed.
San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.
Maloni, T.W., and Lepper, M.R. (1987). Making learning
fun: A taxonomy of intrinsic motivation for learning. In
R.E. Snow & M.J. Farr (Eds.),
Aptitude, Learning, and InstructionaI. Conative and Affective
Process Analysis. Hillsdale, N J: Lawrence Erlbaum.
Mayer, R.
E. (2001). Multimedia
learning 1st Edition.
Cambridge:
Cambridge University Press.
Mayer, R.
E. (2009). Multimedia learning 2nd Edition.
Cambridge:
Cambridge University Press.
Mayer, R. E., Mathias, A., & Wetzell, K. (2002).
Fostering understanding of multimedia
messages through pretraining: Evidence
for a two-stage
theory of mental model construction. Journal of Experimental Psychology:
Applied, 8, 147–154.
Moreno, R., & Mayer, R. E. (1999) Cognitive principles
of multimedia learning: The role of modality and contiguity. Journal of
Educational Psychology, 91, 358–368.
Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). Engaging students
in active learning: The case for personalized multimedia messages. Journal of
Educational Psychology, 92, 724–733.
Morrison, Gary R. Designing Effective Instruction, 6th
Edition. John Wiley & Sons, 2010.
Reddi
UV, Mishra S. (2003). Educational multimedia: A handbook for
teacher-developers. New Delhi: CEMCA Surjono,
Herman D. (2013). Membangun Course Elearning berbasis Moodle Edisi Kedua. Yogyakarta: UNY
Press.
Sweller, J. (1988). Cognitive load during problem solving: Effects on
learning. Cognitive Science, 12, 257-285.
Vaughan, Tay. (2011). Multimedia: Making It Works. 8th Edition. New York:
McGraw Hill.
Posting Komentar untuk "Review Buku MPI (konsep dan Pengembangan)"