Review Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif



Review Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif

SINOPSIS BUKU

            Pada buku Multimedia Pembelajaran Interaktif ini membahas secara lengkap terkait multimedia pembelajaran interaktif (MPI) mulai dari konsep hingga pengembangannya. Pada bab 1 berisikan terkait “pengertian dari multimedia”, elemen multimedia hingga manfaat dari multimedia itu sendiri. Pada bab 2 berisikan terkait “prinsip multimedia”. Lalu pada bab 3, 4 dan 5 berisikan penjelasan terkait “multimedia media interaktif”.

ULASAN SINGKAT

           Pada buku Multimedia Pembelajaran Interaktif edisi pertama bab 1 menjelaskan terkait pengertian multimedia yakni kombinasi banyak atau beberapa media seperti teks, gambar, suara, video yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Lalu pada elemen multimedia terdapat elemen teks, animasi, dan video. Lalu pada penyajian multimedia terdapat penyajian secara linier dan non linier. Dan pada alat membuat media terdapat authoring tools dan creating-editing tools. Lalu distribusi multimedia dan pemanfaatan multimedia itu sendiri.

            Pada bab 2 terkait prinsip multimedia itu sendiri terdapat prinsip teori kognitif multimedia pembelajaran. Adapun berbagai prinsip dari multimedia itu sendiri yakni, prinsip contiguity, prinsip spatial contiguity, prinsip temporal contiguity, prinsip coherence, prinsip signaling, prinsip redundancy, prinsip segmenting, prinsip pre-training, prinsip modality, prinsip multimedia dll. Lalu terdapat aspek multimedia yakni umpan balik, percabangan, peniliaian, monitoring kemajuan, petunjuk dan tampilan.

            Pada bab 3, 4 dan 5 terkait multimedia media interaktif membahas tentang bagaimana membuat MPI yang benar, pembagian MPI itu sendiri, model pengembangannya, kriteria, aspek hingga evaluasi untuk MPI itu sendiri.

KELEBIHAN

            Materi dalam buku ini disajikan secara lengkap dari konsep hingga pengembangan multimedia, penulis tidak hanya menyajikan materi secara konseptual diskriptif, namun juga menghadirkan contoh konkrit yang memudahkan pemahaman pembaca. Buku ini juga disusun dengan tujuan praktis, sehingga materi-materi yang disajikan benar-benar diorientasikan atau difokuskan untuk tujuan praktis. Hal ini dapat dilihat dari bahasan-bahasan pada buku ini yang lebih bersifat peskripstif. Sehingga, pembaca benar-benar dapat mengaitkan materi yang ada di buku dengan benda-benda atau multimedia yang sering ia temui dalam kehidupan nyata.

            Selain itu, buku ini juga menyajikan materi-materi yang dibutuhkan peneliti dan pengembang multimedia dalam menghasilkan suatu produk multimedia. Utamanya pada bab 4 tentang pengembangan MPI. Model pengembangan yang disajikan pada buku ini yaitu model APPED.

KEKURANGAN

            Terkait uraian pada buku ini yang bersifat perspektif dan sangat praktis sehingga untuk pengetahuan dasar yang bersifat deskriptif masih belum dimunculkan pada bab-bab awal. Tidak hanya itu, materi mengenai jenis-jenis atau ragam multimedia mulai dari yang sederhana hingga rumit juga akan menyempurnakan buku tersebut. Juga mengenai MPI yang sedang tren pada dekade terakhir ini dan mungkin pada beberapa dekade yang akan datang. Sehingga pembaca mendapatkan wawasan perkembangan multimedia kekinian dan mendapatkan update pengetahuan guna menyesuaikan tuntutan dan perkembangan teknologi pendidikan sekarang.

 Identitas Buku

Judul Buku    : Multimedia Pembelajaran Interaktif                                : Konsep dan Pengembangan                      Penulis       : Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D.                Edisi         : Pertama Tahun terbit 2017                      

Kota penerbit : Yogyakarta Percetakan. UNY Press

ISBN          : 978-602-5566-11-0

Sumber :


Reviewer        : Lia Adiba Nuroniah

NIM                 : 22107251003

Prodi                : S2- Teknologi Pendidikan

Universitas    : Universitas Negeri Yogyakarta

Posting Komentar untuk "Review Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif"