Review Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif
SINOPSIS BUKU
Pada buku Multimedia Pembelajaran Interaktif ini membahas secara lengkap terkait multimedia pembelajaran interaktif (MPI) mulai dari konsep hingga pengembangannya. Pada bab 1 berisikan terkait “pengertian dari multimedia”, elemen multimedia hingga manfaat dari multimedia itu sendiri. Pada bab 2 berisikan terkait “prinsip multimedia”. Lalu pada bab 3, 4 dan 5 berisikan penjelasan terkait “multimedia media interaktif”.
ULASAN SINGKAT
Pada buku Multimedia Pembelajaran
Interaktif edisi pertama bab 1 menjelaskan terkait pengertian multimedia yakni
kombinasi banyak atau beberapa media seperti teks, gambar,
suara, video yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Lalu
pada elemen multimedia terdapat elemen teks, animasi, dan video. Lalu pada
penyajian multimedia terdapat penyajian secara linier dan non linier. Dan pada
alat membuat media terdapat authoring tools dan creating-editing
tools. Lalu distribusi multimedia dan pemanfaatan multimedia itu sendiri.
Pada bab 2 terkait prinsip multimedia itu sendiri terdapat
prinsip teori kognitif multimedia pembelajaran. Adapun berbagai prinsip dari
multimedia itu sendiri yakni, prinsip contiguity, prinsip spatial contiguity,
prinsip temporal contiguity, prinsip coherence, prinsip signaling, prinsip
redundancy, prinsip segmenting, prinsip pre-training, prinsip modality, prinsip
multimedia dll. Lalu terdapat aspek multimedia yakni umpan balik, percabangan,
peniliaian, monitoring kemajuan, petunjuk dan tampilan.
Pada bab 3, 4 dan 5 terkait multimedia media interaktif membahas tentang bagaimana membuat MPI yang benar, pembagian MPI itu sendiri, model pengembangannya, kriteria, aspek hingga evaluasi untuk MPI itu sendiri.
KELEBIHAN
Materi dalam buku ini disajikan secara lengkap dari
konsep hingga pengembangan multimedia, penulis tidak hanya menyajikan materi
secara konseptual diskriptif, namun juga menghadirkan contoh konkrit yang
memudahkan pemahaman pembaca. Buku ini juga disusun dengan tujuan praktis,
sehingga materi-materi yang disajikan benar-benar diorientasikan atau
difokuskan untuk tujuan praktis. Hal ini dapat dilihat dari bahasan-bahasan
pada buku ini yang lebih bersifat peskripstif. Sehingga, pembaca benar-benar
dapat mengaitkan materi yang ada di buku dengan benda-benda atau multimedia
yang sering ia temui dalam kehidupan nyata.
Selain itu, buku ini juga menyajikan materi-materi yang dibutuhkan peneliti dan pengembang multimedia dalam menghasilkan suatu produk multimedia. Utamanya pada bab 4 tentang pengembangan MPI. Model pengembangan yang disajikan pada buku ini yaitu model APPED.
KEKURANGAN
Terkait uraian pada buku ini yang bersifat perspektif dan
sangat praktis sehingga untuk pengetahuan dasar yang bersifat deskriptif masih
belum dimunculkan pada bab-bab awal. Tidak hanya itu, materi mengenai
jenis-jenis atau ragam multimedia mulai dari yang sederhana hingga rumit juga
akan menyempurnakan buku tersebut. Juga mengenai MPI yang sedang tren pada
dekade terakhir ini dan mungkin pada beberapa dekade yang akan datang. Sehingga
pembaca mendapatkan wawasan perkembangan multimedia kekinian dan mendapatkan
update pengetahuan guna menyesuaikan tuntutan dan perkembangan teknologi
pendidikan sekarang.
Identitas Buku
Judul Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif : Konsep dan Pengembangan Penulis : Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. Edisi : Pertama Tahun terbit 2017
Kota penerbit : Yogyakarta Percetakan. UNY Press
ISBN : 978-602-5566-11-0
Sumber :
Reviewer : Lia Adiba Nuroniah
NIM : 22107251003
Prodi : S2- Teknologi Pendidikan
Universitas : Universitas Negeri Yogyakarta
Posting Komentar untuk "Review Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif"