
TUGAS REVIEW BUKU
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
KONSEP DAN PENGEMBANGAN
(Edisi Pertama,2017)
REVIEWER : MUSLIMIN B.
NIM : 22107251009
KELAS : TP – B
PRODI :
S2 – TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
UNIVERSITAS : UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
A. IDENTITAS BUKU
Judul BukuMULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, Konsep dan Pengembangan (Edisi Pertama).
Penulis : Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc.,M.T., Ph. D.
Penerbit :
UNY Press.
Tahun Terbit :
2017.
Jumlah Halaman :
100 Halaman.
Nomor ISBN :
978-602-5566-11-0.
Penyunting Bahasa :
Fitriyanti
Desain Isi Cover :
Masruri
Tentang Penulis :
Herman Dwi Surjono dilahirkan di Sidoarjo 5 Februari
1964. Menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan
Pendidikan Teknik Elektronika FPTK IKIP Yogyakarta (Drs.,
1986). Menyelesaikan S2 di Department of Industrial Education
and Techology Iowa State University USA (M.Sc., 1994) dan S2 di Teknik Elektro Sistem Komputer dan Informatika Pasca- sarjana
UGM (M.T., 2000). Menyelesaikan
S3 di School of Multimedia and
Information Technology Southern Cross University (Ph.D., 2006). Bidang keahlian
antara lain: ELearning, Multimedia Pembelajaran, dan Adaptive Hypermedia. Menjadi dosen di
Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY sejak tahun 1987 dan dosen di Program Pascasarjana UNY sejak tahun 2006.
Pernah menjabat sebagai Kepala Puskom UNY tahun 2006-2012. Sejak tahun 2012 menjabat sebagai
Ketua Prodi S2 Teknologi
Pembelajaran PPs UNY. Sejak tahun 2014 menjadi Guru Besar dalam bidang ilmu Pembelajaran Teknologi
Informasi di FT UNY. Sebagai pengembang dan pemelihara portal e-learning http://elear-ningdiy.org secara swadaya. Sebagai inisitator portal e-learning UNY (Besmart) http://besmart.uny.ac.id. Memberi bimbingan kepada para mahasiswa S1, S2,
dan S3 serta para guru yang sedang mengembangkan elearning.
Komunikasi dengan beliau boleh melewati email sebagai berikut, hermansurjono@uny.ac.id/ atau dengan blog :http://blog.uny.ac.id/hermansurjono
B. SINOPSIS BUKU
Teknologi informasi dan komunikasi atau ICT (Information and Communication Tecnology) yang berkembang sangat pesat pada dasawarsa terakhir ini yang membawa dampak yang luar biasa pada beberapa sector kehidupan kita seperti bisnis, hiburan, dan Pendidikan. Potensi pemanfaatan ICT dalam Pendidikan sangat banyak diantaranya adalah untuk meningkatkan akses Pendidikan, meningkatkan efisiensi, serta kualitas pembelajaran dan pengajaran. Disamping itu, dengan kreativitas para guru, ICT juga berpotensi untuk digunakan dalam mengajarkan berbagai materi perkuliahan yang abstrak, dinamis, sulit, serta skill melalui animasi dan simulasi dalam bentuk multimedia pembelajaran interaktif (MPI).
Buku ini membahas multimedia pembelajaran interaktif (MPI) mulai dari konsep multimedia hingga pengembangan. Garis besar isi buku ini setiap bab adalah sebagai berikut.
Bab 1.
Multimedia. Dalam bab ini akan dibahas konsep multimedia, mulai dari pengertian
multimedia, elemen multimedia, penyajian multimedia, alat membuat multimedia,
distribusi multimedia, dan pemanfaatan multimedia.
Bab 2. Prinsip
Multimedia Pembelajaran. Dalam bab ini akan dibahas teori yang mendasari MPI,
mulai dari teori kognitif multimedia pembelajaran, prinsip multimedia
pembelajaran, dan aspek multimedia pembelajaran.
Bab 3.
Multimedia Pembelajaran Interaktif. Dalam bab ini akan membahas berbagai hal
terkait pengertian MPI, level interaktivitas, strategi penyajian MPI,
meningkatkan motivasi dalam MPI, dan komponen MPI.
Bab 4.
Pengembangan MPI. Dalam bab ini akan dibahas model pengembangan MPI dan
pengembangan MPI.
Bab 5. Evaluasi Multimedia. Dalam bab ini akan dibahas kriteria kualitas MPI, evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.
Bahan-bahan dalam buku ini berasal dari kumpulan materi perkuliahan Multimedia Pembelajaran sejak tahun 2006 dan dikemas Kembali disesuaikan dengan Kembangangan terbaru. Disamping itu, buku ini juga tepat sebagai acuan bagi peneliti yang akan melakukan peneltian jenis R & D (Research and Development) dalam bidang multimedia pembelajaran, karena model yang dikenalkan tepat sesuai tuntutan penelitian jenis tersebut.
C. REVIEW
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ISI BUKU
BAB I
MULTIMEDIA
Multimedia
adalah kombinasi berbagai media seperti teks, gambar, suara, animasi, video dan
lain-lain secara terpadu dan sinergis melalui computer atau peralatan
elektronik lain untuk mencapai tujuan tertentu. Pemanfaatan multimedia saat ini
sangat luas mulai bidang Pendidikan, bisnis, hingga rumah tangga. Multimedia
dapat disajikan baik secara linear maupun non-linear tergantung kebutuhan.
Kelebihan BAB I
ini adalah menjelaskan secara detail pengertian multimedia, elemen multimedia,
peyajian multimedia, alat serta distribusi pemanfaatan multimedia. Kekurangan
BAB I ini adalah masih kurangnya contoh-contoh pada elemen teks, dan elemen
gambar.
BAB II
PRINSIP MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Prinsip
multimedia pembelajaran dilandasi atas teori kognitif multimedia pembelajaran
yang menyatakan bahwa seseorang yang belajar melalui multimedia , informasi
akan masuk melalui channal auditory dan channal visual. Kedua channal ini harus
digunakan secara seimbang agar tidak membebani salah satu channal. Teori ini
didasarkan pada tiga asumsi, yakni saluran ganda, kapasitas terbatas, dan
pemprosesan aktif.
Prinsip
mengurangi aktivitas extranaeous processing antara lain : Contiguity, Coherence,
Signaling, Redundancy. Prinsip untuk mengelola aktivitas essential
processing antara lain : Segmenting, Pre-training, Modality. Prinsip
untuk meningkatkan aktivitas generative processing antara lain : Multimedia,
Personalization, and Interactivity.
BAB ini
menjelaskan terperinci mengenai prinsip-prinsip multimedia pembelajaran serta
tiga asumsi Mayer dalam penerimaan informasi. Kekurangan buku ini adalah
seharusnya dicantumkan contoh tampilan yang tepat, karena kalau hanya dalam
bentuk ulasan teks masih banyak pembaca akan bingung mengenai tampilan yang
tepat.
BAB III
MUTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Multimedia
pembelajaran interaktif adalah suatu program pembelajaran yang berisi kombinasi
teks, gambar, grafik, suara, video, animasi, simulasi secara terpau dan
sinergis dengan bantuan perangkat computer atau sejenisnya untuk mencapai
tujuan pembelajaran tertentu dimana pengguna dapat secara aktif berinteraksi
dengan program.
Bab ini
menjelaskan dengan terperinci mengenai proyek mengerjakan MPI bahkan beserta
penggunaan tools-tools dengan tampilan gambarnya. Kekurangannya komponen MPI
kurang dilengkapi dengan gambar-gambar pelengkap untuk memperjelas materi.
BAB IV
PENGEMBANGAN MPI
selain
dijelaskkan secara ringkas beberapa model pengembangan yang terkenal seperti:
ADDIE, Alessi-Trollip, Borg&Gall, LEE, Ivers & Barron, dalam bab ini
dikenalkan dan dijelaskan secara detail model APPED. Model APPED yang terdiri
atas: Analisis dan Peneltian Awal, Parancangan, Produksi, Evaluasi dan
Diseminasi ini tepat dipakai sebagai acuan dalam penelitian jenis R & D.
Bab ini
menjelaskan pengembangan MPI yang seharusnya disesuaikan dengan model-model
pembelajaran seperti APPED dan R & D. Kekurangan yaitu pada tahap evaluasi
kurang dijelaskan bentuk-bentuk evaluasi beserta contoh-contohnya.
BAB V
EVALUASI MEDIA
Evaluasi
merupakan Langkah terakhir dalam proses pengembangan suatu system termaksud
MPI. Melalui pelaksanaan evaluasi ini, kita mengetahui kelemahan dan kekurangan
MPI, kemudian melakukan perbaikan agar MPI semakin berkualitas. Secara garis
besar, evaluasi MPI bisa dibagi menjadi dua, yaitu evaluasi formatif dan
sumatif. Evaluasi formatif dilakukan Ketika proses pengembangan sedang
berlangsung dengan tujuan agar produk menjadi lebih baik sebelum produk itu
dipakai oleh pengguna secara luas. Evaluasi sumatif dilakukan Ketika produk
telah selesai dan siap dipakai oleh pengguna, sehingga dapat diketahui tingkat
efektivitas produk MPI tersebut. Evaluasi sumatif sering menggunakan model
Kirkpatrick yang terdiri atas empat level yaitu: level pertama Reactions,
level kedua Learning, level ketiga Behavior, dan level keempat Results.
Bab ini
menjelaskan aspek-aspek inis kriteria dalam pembuatan sebuah MPI, serta
jenis-jenis evaluasi MPI. Kekurangannya tampilan harus disertakan dengan
ilustrasi gambar.
Alessi and Trolip. (2001). Multimedia for learning:
Methods and development. Boston: Allyn and Bacon.
Borg, W. & Gall, M. (1983), Educational Research: An
Introduction 4th edition. New York: Longman Inc.
Chapman. (2009). Digital Multimedia. 3ed. New York: John
Wiley & Sons.
Clark, Ruth Colvin and Mayer, Richard E. (2016). E-
Learning and the science of instruction: proven guidelines for
consumers and designers
of multimedia learning, 4th
ed. San Francisco,
CA: John Wiley & Sons, Inc.
Höffler, T. N., & Leutner,
D. (2007). Instructional animation versus static pictures: A meta-analysis. Learning and
Instruction, 17, 722–738.
Ivers and Barron. (2002). Multimedia Projects in
Education: Designing, Producing, and Assessing, 2ed. Westport: Teacher Ideas
Press.
Lee, William W and Owens, Diana L. (2004). Multimedia-
based instructional design: computer-based training, web-based training,
distance broadcast training, performance-based
solutions, 2nd ed.
San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.
Maloni, T.W., and Lepper, M.R. (1987). Making learning
fun: A taxonomy of intrinsic motivation for learning. In
R.E. Snow & M.J. Farr (Eds.),
Aptitude, Learning, and InstructionaI. Conative and Affective
Process Analysis. Hillsdale, N J: Lawrence Erlbaum.
Mayer, R.
E. (2001). Multimedia
learning 1st Edition.
Cambridge:
Cambridge University Press.
Mayer, R.
E. (2009). Multimedia learning 2nd Edition.
Cambridge:
Cambridge University Press.
Mayer, R. E., Mathias, A., & Wetzell, K. (2002).
Fostering understanding of multimedia
messages through pretraining: Evidence
for a two-stage
theory of mental model construction. Journal of Experimental Psychology:
Applied, 8, 147–154.
Moreno, R., & Mayer, R. E. (1999) Cognitive principles
of multimedia learning: The role of modality and contiguity. Journal of
Educational Psychology, 91, 358–368.
Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). Engaging students
in active learning: The case for personalized multimedia messages. Journal of
Educational Psychology, 92, 724–733.
Morrison, Gary R. Designing Effective Instruction, 6th
Edition. John Wiley & Sons, 2010.
Reddi
UV, Mishra S. (2003). Educational multimedia: A handbook for
teacher-developers. New Delhi: CEMCA Surjono,
Herman D. (2013). Membangun Course Elearning berbasis Moodle Edisi Kedua. Yogyakarta: UNY
Press.
Sweller, J. (1988). Cognitive load during problem solving: Effects on
learning. Cognitive Science, 12, 257-285.
Vaughan, Tay. (2011). Multimedia: Making It Works. 8th Edition. New York:
McGraw Hill.
Posting Komentar untuk "TUGAS REVIEW BUKU MPI"