TUGAS REVIEW BUKU MPI

TUGAS REVIEW BUKU
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KONSEP DAN PENGEMBANGAN
(Edisi Pertama,2017)

REVIEWER                : MUSLIMIN B.

NIM                             : 22107251009

KELAS                        : TP – B

PRODI                        : S2 – TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

UNIVERSITAS           : UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

 A.             IDENTITAS BUKU

Judul BukuMULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, Konsep dan Pengembangan (Edisi Pertama).

Penulis                        : Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc.,M.T., Ph. D.

Penerbit                       : UNY Press.

Tahun Terbit                : 2017.

Jumlah Halaman         : 100 Halaman.

Nomor ISBN               : 978-602-5566-11-0.

Penyunting Bahasa    : Fitriyanti

Desain Isi Cover         : Masruri

Tentang Penulis          :

Herman Dwi Surjono dilahirkan di Sidoarjo 5 Februari 1964. Menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FPTK IKIP Yogyakarta (Drs., 1986). Menyelesaikan S2 di Department of Industrial Education and Techology Iowa State University USA (M.Sc., 1994) dan S2 di Teknik Elektro Sistem Komputer dan Informatika Pasca- sarjana UGM (M.T., 2000). Menyelesaikan S3 di School of Multimedia and Information Technology Southern Cross University (Ph.D., 2006). Bidang keahlian antara lain: ELearning, Multimedia Pembelajaran, dan Adaptive Hypermedia. Menjadi dosen di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY sejak tahun 1987 dan dosen di Program Pascasarjana UNY sejak tahun 2006. Pernah menjabat sebagai Kepala Puskom UNY tahun 2006-2012. Sejak tahun 2012 menjabat sebagai Ketua Prodi S2 Teknologi Pembelajaran PPs UNY. Sejak tahun 2014 menjadi Guru Besar dalam bidang ilmu Pembelajaran Teknologi Informasi di FT UNY. Sebagai pengembang dan pemelihara portal e-learning http://elear-ningdiy.org secara swadaya. Sebagai inisitator portal e-learning UNY (Besmart) http://besmart.uny.ac.id. Memberi bimbingan kepada para mahasiswa S1, S2, dan S3 serta para guru yang sedang mengembangkan elearning.

Komunikasi dengan beliau boleh melewati email sebagai berikut, hermansurjono@uny.ac.id/ atau dengan blog :http://blog.uny.ac.id/hermansurjono

B.    SINOPSIS BUKU

Teknologi informasi dan komunikasi atau ICT (Information and Communication Tecnology) yang berkembang sangat pesat pada dasawarsa terakhir ini yang membawa dampak yang luar biasa pada beberapa sector kehidupan kita seperti bisnis, hiburan, dan Pendidikan. Potensi pemanfaatan ICT dalam Pendidikan sangat banyak diantaranya adalah untuk meningkatkan akses Pendidikan, meningkatkan efisiensi, serta kualitas pembelajaran dan pengajaran. Disamping itu, dengan kreativitas para guru, ICT juga berpotensi untuk digunakan dalam mengajarkan berbagai materi perkuliahan yang abstrak, dinamis, sulit, serta skill melalui animasi dan simulasi dalam bentuk multimedia pembelajaran interaktif (MPI).

Buku ini membahas multimedia pembelajaran interaktif (MPI) mulai dari konsep multimedia hingga pengembangan. Garis besar isi buku ini setiap bab adalah sebagai berikut.

Bab 1. Multimedia. Dalam bab ini akan dibahas konsep multimedia, mulai dari pengertian multimedia, elemen multimedia, penyajian multimedia, alat membuat multimedia, distribusi multimedia, dan pemanfaatan multimedia.

Bab 2. Prinsip Multimedia Pembelajaran. Dalam bab ini akan dibahas teori yang mendasari MPI, mulai dari teori kognitif multimedia pembelajaran, prinsip multimedia pembelajaran, dan aspek multimedia pembelajaran.

Bab 3. Multimedia Pembelajaran Interaktif. Dalam bab ini akan membahas berbagai hal terkait pengertian MPI, level interaktivitas, strategi penyajian MPI, meningkatkan motivasi dalam MPI, dan komponen MPI.

Bab 4. Pengembangan MPI. Dalam bab ini akan dibahas model pengembangan MPI dan pengembangan MPI.

Bab 5. Evaluasi Multimedia. Dalam bab ini akan dibahas kriteria kualitas MPI, evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.

Bahan-bahan dalam buku ini berasal dari kumpulan materi perkuliahan Multimedia Pembelajaran sejak tahun 2006 dan dikemas Kembali disesuaikan dengan Kembangangan terbaru. Disamping itu, buku ini juga tepat sebagai acuan bagi peneliti yang akan melakukan peneltian jenis R & D (Research and Development) dalam bidang multimedia pembelajaran, karena model yang dikenalkan tepat sesuai tuntutan penelitian jenis tersebut.

 

C. REVIEW KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ISI BUKU

BAB I MULTIMEDIA

Multimedia adalah kombinasi berbagai media seperti teks, gambar, suara, animasi, video dan lain-lain secara terpadu dan sinergis melalui computer atau peralatan elektronik lain untuk mencapai tujuan tertentu. Pemanfaatan multimedia saat ini sangat luas mulai bidang Pendidikan, bisnis, hingga rumah tangga. Multimedia dapat disajikan baik secara linear maupun non-linear tergantung kebutuhan.

Kelebihan BAB I ini adalah menjelaskan secara detail pengertian multimedia, elemen multimedia, peyajian multimedia, alat serta distribusi pemanfaatan multimedia. Kekurangan BAB I ini adalah masih kurangnya contoh-contoh pada elemen teks, dan elemen gambar.

BAB II PRINSIP MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

Prinsip multimedia pembelajaran dilandasi atas teori kognitif multimedia pembelajaran yang menyatakan bahwa seseorang yang belajar melalui multimedia , informasi akan masuk melalui channal auditory dan channal visual. Kedua channal ini harus digunakan secara seimbang agar tidak membebani salah satu channal. Teori ini didasarkan pada tiga asumsi, yakni saluran ganda, kapasitas terbatas, dan pemprosesan aktif.

Prinsip mengurangi aktivitas extranaeous processing  antara lain : Contiguity, Coherence, Signaling, Redundancy. Prinsip untuk mengelola aktivitas essential processing antara lain : Segmenting, Pre-training, Modality. Prinsip untuk meningkatkan aktivitas generative processing antara lain : Multimedia, Personalization, and Interactivity.

BAB ini menjelaskan terperinci mengenai prinsip-prinsip multimedia pembelajaran serta tiga asumsi Mayer dalam penerimaan informasi. Kekurangan buku ini adalah seharusnya dicantumkan contoh tampilan yang tepat, karena kalau hanya dalam bentuk ulasan teks masih banyak pembaca akan bingung mengenai tampilan yang tepat.

BAB III MUTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Multimedia pembelajaran interaktif adalah suatu program pembelajaran yang berisi kombinasi teks, gambar, grafik, suara, video, animasi, simulasi secara terpau dan sinergis dengan bantuan perangkat computer atau sejenisnya untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dimana pengguna dapat secara aktif berinteraksi dengan program.

Bab ini menjelaskan dengan terperinci mengenai proyek mengerjakan MPI bahkan beserta penggunaan tools-tools dengan tampilan gambarnya. Kekurangannya komponen MPI kurang dilengkapi dengan gambar-gambar pelengkap untuk memperjelas materi.

BAB IV PENGEMBANGAN MPI

selain dijelaskkan secara ringkas beberapa model pengembangan yang terkenal seperti: ADDIE, Alessi-Trollip, Borg&Gall, LEE, Ivers & Barron, dalam bab ini dikenalkan dan dijelaskan secara detail model APPED. Model APPED yang terdiri atas: Analisis dan Peneltian Awal, Parancangan, Produksi, Evaluasi dan Diseminasi ini tepat dipakai sebagai acuan dalam penelitian jenis R & D.

Bab ini menjelaskan pengembangan MPI yang seharusnya disesuaikan dengan model-model pembelajaran seperti APPED dan R & D. Kekurangan yaitu pada tahap evaluasi kurang dijelaskan bentuk-bentuk evaluasi beserta contoh-contohnya.

BAB V EVALUASI MEDIA

Evaluasi merupakan Langkah terakhir dalam proses pengembangan suatu system termaksud MPI. Melalui pelaksanaan evaluasi ini, kita mengetahui kelemahan dan kekurangan MPI, kemudian melakukan perbaikan agar MPI semakin berkualitas. Secara garis besar, evaluasi MPI bisa dibagi menjadi dua, yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilakukan Ketika proses pengembangan sedang berlangsung dengan tujuan agar produk menjadi lebih baik sebelum produk itu dipakai oleh pengguna secara luas. Evaluasi sumatif dilakukan Ketika produk telah selesai dan siap dipakai oleh pengguna, sehingga dapat diketahui tingkat efektivitas produk MPI tersebut. Evaluasi sumatif sering menggunakan model Kirkpatrick yang terdiri atas empat level yaitu: level pertama Reactions, level kedua Learning, level ketiga Behavior, dan level keempat Results.

Bab ini menjelaskan aspek-aspek inis kriteria dalam pembuatan sebuah MPI, serta jenis-jenis evaluasi MPI. Kekurangannya tampilan harus disertakan dengan ilustrasi gambar.


DAFTAR PUSTAKA

 

Alessi and Trolip. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Boston: Allyn and Bacon.

Borg, W. & Gall, M. (1983), Educational Research: An Introduction 4th edition. New York: Longman Inc.

Chapman. (2009). Digital Multimedia. 3ed. New York: John Wiley & Sons.

Clark, Ruth Colvin and Mayer, Richard E. (2016).  E-  Learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers  and  designers  of multimedia learning, 4th  ed.  San  Francisco,  CA: John Wiley & Sons, Inc.

Höffler, T. N., & Leutner, D. (2007). Instructional animation versus static pictures: A meta-analysis. Learning and Instruction, 17, 722–738.

Ivers and Barron. (2002). Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing, 2ed. Westport: Teacher Ideas Press.

Lee, William W and Owens, Diana L. (2004). Multimedia- based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based  solutions,  2nd  ed.   San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.

Maloni, T.W., and Lepper, M.R. (1987). Making learning fun: A taxonomy of intrinsic motivation for learning. In

R.E. Snow & M.J. Farr (Eds.),  Aptitude,  Learning,  and InstructionaI. Conative and Affective Process Analysis. Hillsdale, N J: Lawrence Erlbaum.

Mayer, R.  E.  (2001).  Multimedia  learning  1st Edition.

Cambridge: Cambridge University Press.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning 2nd Edition.

Cambridge: Cambridge University Press.

Mayer, R. E., Mathias, A., & Wetzell, K. (2002). Fostering understanding of  multimedia  messages  through pretraining: Evidence  for  a  two-stage  theory of mental model construction. Journal of Experimental Psychology: Applied, 8, 147–154.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (1999) Cognitive principles of multimedia learning: The role of modality and contiguity. Journal of Educational Psychology, 91, 358–368.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). Engaging students in active learning: The case for personalized multimedia messages. Journal of Educational Psychology, 92, 724–733.

Morrison, Gary R. Designing Effective Instruction, 6th Edition. John Wiley & Sons, 2010.

Reddi UV, Mishra S. (2003). Educational multimedia: A handbook for teacher-developers. New Delhi: CEMCA Surjono, Herman D. (2013). Membangun Course Elearning berbasis   Moodle  Edisi     Kedua.   Yogyakarta:  UNY

Press.

Sweller, J. (1988). Cognitive load during problem solving: Effects on learning. Cognitive Science, 12, 257-285.

Vaughan, Tay. (2011). Multimedia: Making It Works. 8th Edition. New York: McGraw Hill.

Sumber : 

Buku: Herman Dwi Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama. Yogyakarta: UNY Press.
 

Posting Komentar untuk "TUGAS REVIEW BUKU MPI"