Review Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif

Review Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif

Identitas Buku

Judul Buku      : Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan

Penulis             : Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Edisi                  : Pertama

Tahun terbit    : 2017

Kota penerbit  : Yogyakarta

Percetakan      : UNY Press

ISBN                  : 978-602-5566-11-0

Link Buku       : http://blog.uny.ac.id/.../Multimedia-Pembelajaran-2017...

 SINOPSIS BUKU

Buku pembelajaran interaktif multimedia ini mencakup konsep dan pengembangan pembelajaran interaktif multimedia (MPI) secara lengkap. Bab 1 memuat unsur-unsur multimedia yang berkaitan dengan manfaat multimedia itu sendiri dalam konteks “istilah multimedia”, dan bab 2 memuat “prinsip-prinsip multimedia” yang relevan. Bab 3, 4, dan 5 berisi pembahasan dengan topik “Media Multimedia Interaktif”. 

ULASAN SINGKAT

Pada buku Multimedia Pembelajaran Interaktif edisi pertama, Bab 1 menjelaskan tentang istilah multimedia. Yaitu sejumlah atau kombinasi media seperti teks, gambar, suara, dan video yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Selanjutnya, elemen multimedia mencakup elemen teks, animasi, dan video. Selanjutnya, terdapat presentasi linear dan presentasi non-linear dalam presentasi multimedia. Alat pembuatan media juga mencakup alat pembuat dan alat pembuatan dan pengeditan. Kemudian datang pengiriman multimedia dan multimedia itu sendiri. Bab 2 yang membahas tentang prinsip-prinsip multimedia itu sendiri, menjelaskan prinsip-prinsip teori kognitif pembelajaran multimedia. Berbagai prinsip multimedia itu sendiri: prinsip kontinuitas, prinsip kontinuitas spasial, prinsip kontinuitas temporal, prinsip koherensi, prinsip pensinyalan, prinsip redundansi, prinsip segmentasi, prinsip pelatihan, prinsip modalitas, prinsip multimedia, dll. Lalu ada aspek multimedia: feedback, branching, evaluasi, tracking, directing dan displaying. Bab 3, 4, dan 5 terkait dengan multimedia interaktif, menjelaskan tentang cara menulis MPI yang baik, mempartisi MPI itu sendiri, model pengembangan, standar, dan aspek evaluasi MPI itu sendiri.

KELEBIHAN

Materi dalam buku ini disajikan secara sempurna mulai dari konsep hingga pengembangan multimedia, dan penulis menyajikan materi secara konseptual yang jelas, serta contoh-contoh konkrit untuk meningkatkan pemahaman pembaca. Buku ini juga disusun dengan orientasi praktik, sehingga materi yang disajikan bersifat praktis atau praktis. Hal ini terlihat dari pembahasan dalam buku ini yang lebih bersifat deskriptif. Hal ini memungkinkan pembaca untuk benar-benar menghubungkan materi dalam buku dengan objek dan multimedia yang biasa mereka temui dalam kehidupan nyata. Selain itu, buku ini menyediakan sumber daya yang dibutuhkan peneliti dan pengembang multimedia untuk membuat produk multimedia. Bab 4, terutama tentang pengembangan MPI. Model pengembangan yang diperkenalkan dalam dokumen ini adalah model APPED.

 KEKURANGAN

Adapun penulisan dalam buku ini bersifat ikhtisar dan sangat praktis, sehingga pengetahuan dasar karakter deskriptif belum muncul di bab-bab awal. Tidak hanya itu, juga terdokumentasi dengan baik jenis dan variasi multimedia, dari yang sederhana hingga yang kompleks. Hal yang sama berlaku untuk MPI, yang telah menjadi tren selama satu dekade terakhir dan mungkin beberapa dekade mendatang. Sehingga pembaca dapat memperoleh wawasan tentang perkembangan multimedia saat ini dan menerima pembaruan pengetahuan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi pendidikan saat ini.

 

Reviewer         : Alia Rakhmawati

NIM                : 22107251030

Prodi               : S2- Teknologi Pendidikan



DAFTAR PUSTAKA

 

Alessi and Trolip. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Boston: Allyn and Bacon.

Borg, W. & Gall, M. (1983), Educational Research: An Introduction 4th edition. New York: Longman Inc.

Chapman. (2009). Digital Multimedia. 3ed. New York: John Wiley & Sons.

Clark, Ruth Colvin and Mayer, Richard E. (2016).  E-  Learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers  and  designers  of multimedia learning, 4th  ed.  San  Francisco,  CA: John Wiley & Sons, Inc.

Höffler, T. N., & Leutner, D. (2007). Instructional animation versus static pictures: A meta-analysis. Learning and Instruction, 17, 722–738.

Ivers and Barron. (2002). Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing, 2ed. Westport: Teacher Ideas Press.

Lee, William W and Owens, Diana L. (2004). Multimedia- based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based  solutions,  2nd  ed.   San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.

Maloni, T.W., and Lepper, M.R. (1987). Making learning fun: A taxonomy of intrinsic motivation for learning. In

R.E. Snow & M.J. Farr (Eds.),  Aptitude,  Learning,  and InstructionaI. Conative and Affective Process Analysis. Hillsdale, N J: Lawrence Erlbaum.

Mayer, R.  E.  (2001).  Multimedia  learning  1st Edition.

Cambridge: Cambridge University Press.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning 2nd Edition.

Cambridge: Cambridge University Press.

Mayer, R. E., Mathias, A., & Wetzell, K. (2002). Fostering understanding of  multimedia  messages  through pretraining: Evidence  for  a  two-stage  theory of mental model construction. Journal of Experimental Psychology: Applied, 8, 147–154.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (1999) Cognitive principles of multimedia learning: The role of modality and contiguity. Journal of Educational Psychology, 91, 358–368.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). Engaging students in active learning: The case for personalized multimedia messages. Journal of Educational Psychology, 92, 724–733.

Morrison, Gary R. Designing Effective Instruction, 6th Edition. John Wiley & Sons, 2010.

Reddi UV, Mishra S. (2003). Educational multimedia: A handbook for teacher-developers. New Delhi: CEMCA Surjono, Herman D. (2013). Membangun Course Elearning berbasis   Moodle  Edisi     Kedua.   Yogyakarta:  UNY

Press.

Sweller, J. (1988). Cognitive load during problem solving: Effects on learning. Cognitive Science, 12, 257-285.

Vaughan, Tay. (2011). Multimedia: Making It Works. 8th Edition. New York: McGraw Hill.


Sumber : 

Buku: Herman Dwi Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama. Yogyakarta: UNY Press.
 
Sleman, D.I. Yogyakarta, 3/01/2023

Posting Komentar untuk "Review Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif"