Review Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif
Identitas
Buku
Judul
Buku : Multimedia Pembelajaran
Interaktif: Konsep dan Pengembangan
Penulis : Prof. Herman Dwi Surjono,
Ph.D.
Edisi : Pertama
Tahun terbit
: 2017
Kota penerbit : Yogyakarta
Percetakan : UNY Press
ISBN : 978-602-5566-11-0
Link Buku : http://blog.uny.ac.id/.../Multimedia-Pembelajaran-2017...
SINOPSIS BUKU
Buku pembelajaran
interaktif multimedia ini mencakup konsep dan pengembangan pembelajaran
interaktif multimedia (MPI) secara lengkap. Bab 1 memuat unsur-unsur multimedia
yang berkaitan dengan manfaat multimedia itu sendiri dalam konteks “istilah
multimedia”, dan bab 2 memuat “prinsip-prinsip multimedia” yang relevan. Bab 3,
4, dan 5 berisi pembahasan dengan topik “Media Multimedia Interaktif”.
ULASAN SINGKAT
Pada buku Multimedia
Pembelajaran Interaktif edisi pertama, Bab 1 menjelaskan tentang istilah
multimedia. Yaitu sejumlah atau kombinasi media seperti teks, gambar, suara,
dan video yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Selanjutnya,
elemen multimedia mencakup elemen teks, animasi, dan video. Selanjutnya,
terdapat presentasi linear dan presentasi non-linear dalam presentasi
multimedia. Alat pembuatan media juga mencakup alat pembuat dan alat pembuatan
dan pengeditan. Kemudian datang pengiriman multimedia dan multimedia itu
sendiri. Bab 2 yang membahas tentang prinsip-prinsip multimedia itu sendiri,
menjelaskan prinsip-prinsip teori kognitif pembelajaran multimedia. Berbagai
prinsip multimedia itu sendiri: prinsip kontinuitas, prinsip kontinuitas
spasial, prinsip kontinuitas temporal, prinsip koherensi, prinsip pensinyalan,
prinsip redundansi, prinsip segmentasi, prinsip pelatihan, prinsip modalitas,
prinsip multimedia, dll. Lalu ada aspek multimedia: feedback, branching,
evaluasi, tracking, directing dan displaying. Bab 3, 4, dan 5 terkait dengan
multimedia interaktif, menjelaskan tentang cara menulis MPI yang baik,
mempartisi MPI itu sendiri, model pengembangan, standar, dan aspek evaluasi MPI
itu sendiri.
KELEBIHAN
Materi dalam buku ini disajikan secara
sempurna mulai dari konsep hingga pengembangan multimedia, dan penulis
menyajikan materi secara konseptual yang jelas, serta contoh-contoh konkrit
untuk meningkatkan pemahaman pembaca. Buku ini juga disusun dengan orientasi
praktik, sehingga materi yang disajikan bersifat praktis atau praktis. Hal ini
terlihat dari pembahasan dalam buku ini yang lebih bersifat deskriptif. Hal ini
memungkinkan pembaca untuk benar-benar menghubungkan materi dalam buku dengan
objek dan multimedia yang biasa mereka temui dalam kehidupan nyata. Selain itu,
buku ini menyediakan sumber daya yang dibutuhkan peneliti dan pengembang
multimedia untuk membuat produk multimedia. Bab 4, terutama tentang
pengembangan MPI. Model pengembangan yang diperkenalkan dalam dokumen ini
adalah model APPED.
KEKURANGAN
Adapun penulisan dalam buku ini bersifat
ikhtisar dan sangat praktis, sehingga pengetahuan dasar karakter deskriptif
belum muncul di bab-bab awal. Tidak hanya itu, juga terdokumentasi dengan baik
jenis dan variasi multimedia, dari yang sederhana hingga yang kompleks. Hal
yang sama berlaku untuk MPI, yang telah menjadi tren selama satu dekade
terakhir dan mungkin beberapa dekade mendatang. Sehingga pembaca dapat
memperoleh wawasan tentang perkembangan multimedia saat ini dan menerima
pembaruan pengetahuan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan
teknologi pendidikan saat ini.
Reviewer : Alia Rakhmawati
NIM : 22107251030
Prodi : S2- Teknologi Pendidikan
Alessi and Trolip. (2001). Multimedia for learning:
Methods and development. Boston: Allyn and Bacon.
Borg, W. & Gall, M. (1983), Educational Research: An
Introduction 4th edition. New York: Longman Inc.
Chapman. (2009). Digital Multimedia. 3ed. New York: John
Wiley & Sons.
Clark, Ruth Colvin and Mayer, Richard E. (2016). E-
Learning and the science of instruction: proven guidelines for
consumers and designers
of multimedia learning, 4th
ed. San Francisco,
CA: John Wiley & Sons, Inc.
Höffler, T. N., & Leutner,
D. (2007). Instructional animation versus static pictures: A meta-analysis. Learning and
Instruction, 17, 722–738.
Ivers and Barron. (2002). Multimedia Projects in
Education: Designing, Producing, and Assessing, 2ed. Westport: Teacher Ideas
Press.
Lee, William W and Owens, Diana L. (2004). Multimedia-
based instructional design: computer-based training, web-based training,
distance broadcast training, performance-based
solutions, 2nd ed.
San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.
Maloni, T.W., and Lepper, M.R. (1987). Making learning
fun: A taxonomy of intrinsic motivation for learning. In
R.E. Snow & M.J. Farr (Eds.),
Aptitude, Learning, and InstructionaI. Conative and Affective
Process Analysis. Hillsdale, N J: Lawrence Erlbaum.
Mayer, R.
E. (2001). Multimedia
learning 1st Edition.
Cambridge:
Cambridge University Press.
Mayer, R.
E. (2009). Multimedia learning 2nd Edition.
Cambridge:
Cambridge University Press.
Mayer, R. E., Mathias, A., & Wetzell, K. (2002).
Fostering understanding of multimedia
messages through pretraining: Evidence
for a two-stage
theory of mental model construction. Journal of Experimental Psychology:
Applied, 8, 147–154.
Moreno, R., & Mayer, R. E. (1999) Cognitive principles
of multimedia learning: The role of modality and contiguity. Journal of
Educational Psychology, 91, 358–368.
Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). Engaging students
in active learning: The case for personalized multimedia messages. Journal of
Educational Psychology, 92, 724–733.
Morrison, Gary R. Designing Effective Instruction, 6th
Edition. John Wiley & Sons, 2010.
Reddi
UV, Mishra S. (2003). Educational multimedia: A handbook for
teacher-developers. New Delhi: CEMCA Surjono,
Herman D. (2013). Membangun Course Elearning berbasis Moodle Edisi Kedua. Yogyakarta: UNY
Press.
Sweller, J. (1988). Cognitive load during problem solving: Effects on
learning. Cognitive Science, 12, 257-285.
Vaughan, Tay. (2011). Multimedia: Making It Works. 8th Edition. New York:
McGraw Hill.
Posting Komentar untuk "Review Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif"