
REVIEW BUKUMULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF:KONSEP DAN PENGEMBANGANEDISI PERTAMA 2017
Penulis : Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D.
Tahun Terbit :
2017
Kota Terbit :
Yogyakarta
Penerbit & Percetakan : UNY Press
Penyunting Bahasa :
Fitriyani
Desain Isi & Cover :
Masruri
ISBN :
978-602-5566-11-0
Tebal :
95 halaman
Pada blog kali ini, saya Yusrilia Khuriyatul Fadlilah
akan memberikan sedikit review tentang buku Multimedia Pembelajaran Interaktif:
Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama yang ditulis oleh Prof. Herman Dwi
Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D.
ULASAN SINGKAT BUKU
Buku Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan
Pengembangan Edisi Pertama yang ditulis oleh Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc.,
M.T., Ph.D. ini membahas tentang konsep dasar multimedia pembelajaran
interaktif hingga pengembangan multimedia itu sendiri. Dalam buku ini terdapat 5
BAB pembahasan. Pada BAB 1 membahas tentang konsep multimedia, mulai dari
pengertian, elemen, penyajian, alat, distibusi, dan pemanfaatannya. Pada BAB 2 membahas
tentang prinsip multimedia pembelajaran yang didalamnnya terdapat teori yang
mendasari sebuah MPI. Pada BAB 3 membahas tentang multimedia pembelajaran
interaktif yang didalamnya terdapat pengertian MPI, level interaktivitas,
strategi penyajian, meningkatkan motivasi, dan macam-macam komponennya. Pada
BAB 4 membahas tentang model sekaligus pengembangan MPI. Selanjutnya yang
terakhir BAB 5 membahas tentang evaluasi multimedia yang terdiri dari kriteria
kualitas MPI, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif.
REVIEW BUKU
BAB 1 MULTIMEDIA
Menurut saya, kelebihan pada BAB 1 ini yaitu
penjelasan sudah sangat padat. Penulis menyajikan materi tentang apa itu
multimedia, macam-macam elemen multimedia, bagaimana menyajikan multimedia,
alat untuk membuat multimedia, distribusi multimedia, pemanfaatan multimedia. Penyampaian bahasanya juga cukup untuk dimengerti
pembaca setingkat mahasiswa. Unsur pendukung seperti gambar, note, tabel
penjelas juga sudah diikutksertakan. Juga terdapat ringkasan BAB 1 yang disajikan sederhana namun sangat cukup untuk
dipahami.
Hanya saja terdapat sedikit komentar dari saya pada
beberapa tabel yang terlihat buram, atau bahkan ada yang tulisannya tidak
jelas/ hilang. Mungkin pada bagian tersebut dapat dibuat dengan resolusi yang
lebih jernih lagi. Karena mengingat yang berada didalamnya merupakan acuan atau
panduan dalam memahami materi-materi yang ada. Disamping itu juga belum
terdapat kelemahan dari multimedia itu sendiri, agar dapat menjadi pertimbangan
nantinya bagi pengembang/ desainer.
BAB 2 PRINSIP MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Menurut saya kelebihan pada BAB 2 ini yaitu penjelasan
sudah sangat padat. Penulis memaparkan tentang prinsip multimedia pembelajaran,
seperti teori-teori yang mendasari sebuah MPI. Penulis juga memaparkan tentang
bagan proses terjadinya teori-teori tersebut seperti apa. Kemudian terdapat juga ringkasan
BAB 2 yang disajikan sederhana namun sangat cukup untuk
dipahami.
Hanya saja terdapat sedikit komentar dari saya pada
beberapa teori-teori yang telah dipaparkan. Belum terdapat contoh penerapan/
gambar pendukung yang dapat kita bayangkan secara langsung. Misalnya teori
kognitif bila diaplikasikan ke dalam MPI itu bagaimana, begitupu dengan teori
konstruktiv dan lainnya.
BAB 3 MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Menurut saya kelebihan pada BAB 3 ini yaitu penjelasan
sudah sangat padat. Penulis memaparkan tentang pengertian MPI, level
interaktivitas, strategi penyajian, dan meningkatkan motivasi disertai dengan
ilustrasi dan petunjuk pendukung. Sehingga pembaca akan lebih mudah
memahaminya. Kemudian
terdapat juga ringkasan BAB 3 yang disajikan
sederhana namun sangat cukup untuk dipahami.
Hanya saja terdapat sedikit komentar saya pada beberapa komponen MPI yang telah dipaparkan. Belum terdapat contoh gambar pendukung dan penunjuk yang menunjuk ke masing-masing komponen. Mungkin akan lebih baik bila dijelaskan secara rinci bersamaan dengan gambar
BAB 4 PENGEMBANGAN MPI
Menurut saya kelebihan pada BAB 4 ini yaitu penjelasan
sudah sangat baik. Penulis memaparkan tentang pengembangan MPI yang bermacam-macam.
Kemudian
terdapat juga ringkasan BAB 4 yang disajikan
sederhana namun sangat cukup untuk dipahami.
Hanya saja terdapat sedikit komentar saya pada
beberapa macam pengembangan selain APPED. Alangkah lebih baik bila model selain
APPED juga dijelaskan secara rinci. Misalnya pada langkah-langkah agar dapat
dibuat penjelasan masing-masing dari poin yang ada.
BAB 5 EVALUASI MULTIMEDIA
Menurut saya kelebihan pada BAB 3 ini yaitu penjelasan
sudah sangat runtut. Penulis memaparkan tentang kualitas
multimedia yang baik seperti apa, dari aspek isi, instruksional, dan juga
tampilan. Didalamnya juga dipaparkan tentang cara mengevaluasi multimedia
pembelajaran interaktif. Kemudian terdapat juga ringkasan BAB 5 yang disajikan sederhana namun sangat cukup untuk
dipahami.
Hanya saja terdapat sedikit komentar saya pada pemaparan
contoh yang masih belum detail. Alangkah lebih baik untuk memberikan contoh
evaluasi secara lebih mendetail. Mungkin dapat disertai dengan lampiran-lampiran
atau rubrik penilaian untuk mempermudah pemahaman. Karena mengingat evaluasi
multimedia ini merupakan hal yang penting.
BAB YANG BELUM ADA DAN SEHARUSNYA DITAMBAHKAN DALAM BUKU
Setelah mereview buku ini, menurut saya terdapat BAB
pembahasan yang seharusnya ditambahkan di dalamnya. Saya menggaris bawahi pada
pengembangan multimedia interaktif yang dimana di dalamnya pasti menerapkan
suatu teori belajar atau pembelajaran. Saya sangat menyarankan untuk
menambahkan pada setiap teori yang telah dijelaskan dalam buku ini untuk lebih
diaplikasikan ke dalam MPI. Semisal saya pribadi ingin mendesain suatu MPI yang
beraliran konstruktivistik, nah bagaimanakan pengembangan atau tampilan yang
sesuai dengan teori tersebut. Begitupun berlaku dengan teori-teori lainnya.
Sekian review
singkat yang telah saya paparkan di atas. Terimakasih kepada pembaca yang telah
berkenan meluangkan sedikit waktu untuk membaca tulisan review saya. Semoga
dapat memberi informasi dan manfaat bagi penulis buku khusunya, dan bagi para pembaca
umumnya. Saran dan kritik yang membangun atas review singkat ini sangat reviewer
harapkan. Terimakasih.
Alessi and Trolip. (2001). Multimedia for learning:
Methods and development. Boston: Allyn and Bacon.
Borg, W. & Gall, M. (1983), Educational Research: An
Introduction 4th edition. New York: Longman Inc.
Chapman. (2009). Digital Multimedia. 3ed. New York: John
Wiley & Sons.
Clark, Ruth Colvin and Mayer, Richard E. (2016). E-
Learning and the science of instruction: proven guidelines for
consumers and designers
of multimedia learning, 4th
ed. San Francisco,
CA: John Wiley & Sons, Inc.
Höffler, T. N., & Leutner,
D. (2007). Instructional animation versus static pictures: A meta-analysis. Learning and
Instruction, 17, 722–738.
Ivers and Barron. (2002). Multimedia Projects in
Education: Designing, Producing, and Assessing, 2ed. Westport: Teacher Ideas
Press.
Lee, William W and Owens, Diana L. (2004). Multimedia-
based instructional design: computer-based training, web-based training,
distance broadcast training, performance-based
solutions, 2nd ed.
San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.
Maloni, T.W., and Lepper, M.R. (1987). Making learning
fun: A taxonomy of intrinsic motivation for learning. In
R.E. Snow & M.J. Farr (Eds.),
Aptitude, Learning, and InstructionaI. Conative and Affective
Process Analysis. Hillsdale, N J: Lawrence Erlbaum.
Mayer, R.
E. (2001). Multimedia
learning 1st Edition.
Cambridge:
Cambridge University Press.
Mayer, R.
E. (2009). Multimedia learning 2nd Edition.
Cambridge:
Cambridge University Press.
Mayer, R. E., Mathias, A., & Wetzell, K. (2002).
Fostering understanding of multimedia
messages through pretraining: Evidence
for a two-stage
theory of mental model construction. Journal of Experimental Psychology:
Applied, 8, 147–154.
Moreno, R., & Mayer, R. E. (1999) Cognitive principles
of multimedia learning: The role of modality and contiguity. Journal of
Educational Psychology, 91, 358–368.
Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). Engaging students
in active learning: The case for personalized multimedia messages. Journal of
Educational Psychology, 92, 724–733.
Morrison, Gary R. Designing Effective Instruction, 6th
Edition. John Wiley & Sons, 2010.
Reddi
UV, Mishra S. (2003). Educational multimedia: A handbook for
teacher-developers. New Delhi: CEMCA Surjono,
Herman D. (2013). Membangun Course Elearning berbasis Moodle Edisi Kedua. Yogyakarta: UNY
Press.
Sweller, J. (1988). Cognitive load during problem solving: Effects on
learning. Cognitive Science, 12, 257-285.
Vaughan, Tay. (2011). Multimedia: Making It Works. 8th Edition. New York:
McGraw Hill.
Posting Komentar untuk "REVIEW BUKU MPI: KONSEP DAN PENGEMBANGAN EDISI PERTAMA 2017 "