REVIEW BUKU MPI: KONSEP DAN PENGEMBANGAN EDISI PERTAMA 2017



REVIEW BUKU
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF:
KONSEP DAN PENGEMBANGAN
EDISI PERTAMA 2017

 

 Penulis                               : Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D.

Tahun Terbit                    : 2017

Kota Terbit                        : Yogyakarta

Penerbit & Percetakan   : UNY Press

Penyunting Bahasa        : Fitriyani

Desain Isi & Cover          : Masruri

ISBN                                  : 978-602-5566-11-0

Tebal                                  : 95 halaman

 

Pada blog kali ini, saya Yusrilia Khuriyatul Fadlilah akan memberikan sedikit review tentang buku Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama yang ditulis oleh Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D.

 ULASAN SINGKAT BUKU

Buku Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama yang ditulis oleh Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D. ini membahas tentang konsep dasar multimedia pembelajaran interaktif hingga pengembangan multimedia itu sendiri. Dalam buku ini terdapat 5 BAB pembahasan. Pada BAB 1 membahas tentang konsep multimedia, mulai dari pengertian, elemen, penyajian, alat, distibusi, dan pemanfaatannya. Pada BAB 2 membahas tentang prinsip multimedia pembelajaran yang didalamnnya terdapat teori yang mendasari sebuah MPI. Pada BAB 3 membahas tentang multimedia pembelajaran interaktif yang didalamnya terdapat pengertian MPI, level interaktivitas, strategi penyajian, meningkatkan motivasi, dan macam-macam komponennya. Pada BAB 4 membahas tentang model sekaligus pengembangan MPI. Selanjutnya yang terakhir BAB 5 membahas tentang evaluasi multimedia yang terdiri dari kriteria kualitas MPI, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif.

 REVIEW BUKU

BAB 1 MULTIMEDIA

Menurut saya, kelebihan pada BAB 1 ini yaitu penjelasan sudah sangat padat. Penulis menyajikan materi tentang apa itu multimedia, macam-macam elemen multimedia, bagaimana menyajikan multimedia, alat untuk membuat multimedia, distribusi multimedia, pemanfaatan multimedia. Penyampaian bahasanya juga cukup untuk dimengerti pembaca setingkat mahasiswa. Unsur pendukung seperti gambar, note, tabel penjelas juga sudah diikutksertakan. Juga terdapat ringkasan BAB 1 yang disajikan sederhana namun sangat cukup untuk dipahami.

Hanya saja terdapat sedikit komentar dari saya pada beberapa tabel yang terlihat buram, atau bahkan ada yang tulisannya tidak jelas/ hilang. Mungkin pada bagian tersebut dapat dibuat dengan resolusi yang lebih jernih lagi. Karena mengingat yang berada didalamnya merupakan acuan atau panduan dalam memahami materi-materi yang ada. Disamping itu juga belum terdapat kelemahan dari multimedia itu sendiri, agar dapat menjadi pertimbangan nantinya bagi pengembang/ desainer.

 BAB 2 PRINSIP MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

Menurut saya kelebihan pada BAB 2 ini yaitu penjelasan sudah sangat padat. Penulis memaparkan tentang prinsip multimedia pembelajaran, seperti teori-teori yang mendasari sebuah MPI. Penulis juga memaparkan tentang bagan proses terjadinya teori-teori tersebut seperti apa. Kemudian terdapat juga ringkasan BAB 2 yang disajikan sederhana namun sangat cukup untuk dipahami.

Hanya saja terdapat sedikit komentar dari saya pada beberapa teori-teori yang telah dipaparkan. Belum terdapat contoh penerapan/ gambar pendukung yang dapat kita bayangkan secara langsung. Misalnya teori kognitif bila diaplikasikan ke dalam MPI itu bagaimana, begitupu dengan teori konstruktiv dan lainnya.

 BAB 3 MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Menurut saya kelebihan pada BAB 3 ini yaitu penjelasan sudah sangat padat. Penulis memaparkan tentang pengertian MPI, level interaktivitas, strategi penyajian, dan meningkatkan motivasi disertai dengan ilustrasi dan petunjuk pendukung. Sehingga pembaca akan lebih mudah memahaminya. Kemudian terdapat juga ringkasan BAB 3 yang disajikan sederhana namun sangat cukup untuk dipahami.

Hanya saja terdapat sedikit komentar saya pada beberapa komponen MPI yang telah dipaparkan. Belum terdapat contoh gambar pendukung dan penunjuk yang menunjuk ke masing-masing komponen. Mungkin akan lebih baik bila dijelaskan secara rinci bersamaan dengan gambar

BAB 4 PENGEMBANGAN MPI

Menurut saya kelebihan pada BAB 4 ini yaitu penjelasan sudah sangat baik. Penulis memaparkan tentang pengembangan MPI yang bermacam-macam. Kemudian terdapat juga ringkasan BAB 4 yang disajikan sederhana namun sangat cukup untuk dipahami.

Hanya saja terdapat sedikit komentar saya pada beberapa macam pengembangan selain APPED. Alangkah lebih baik bila model selain APPED juga dijelaskan secara rinci. Misalnya pada langkah-langkah agar dapat dibuat penjelasan masing-masing dari poin yang ada.

 BAB 5 EVALUASI MULTIMEDIA

Menurut saya kelebihan pada BAB 3 ini yaitu penjelasan sudah sangat runtut. Penulis memaparkan tentang kualitas multimedia yang baik seperti apa, dari aspek isi, instruksional, dan juga tampilan. Didalamnya juga dipaparkan tentang cara mengevaluasi multimedia pembelajaran interaktif. Kemudian terdapat juga ringkasan BAB 5 yang disajikan sederhana namun sangat cukup untuk dipahami.

Hanya saja terdapat sedikit komentar saya pada pemaparan contoh yang masih belum detail. Alangkah lebih baik untuk memberikan contoh evaluasi secara lebih mendetail. Mungkin dapat disertai dengan lampiran-lampiran atau rubrik penilaian untuk mempermudah pemahaman. Karena mengingat evaluasi multimedia ini merupakan hal yang penting.

 BAB YANG BELUM ADA DAN SEHARUSNYA DITAMBAHKAN DALAM BUKU

Setelah mereview buku ini, menurut saya terdapat BAB pembahasan yang seharusnya ditambahkan di dalamnya. Saya menggaris bawahi pada pengembangan multimedia interaktif yang dimana di dalamnya pasti menerapkan suatu teori belajar atau pembelajaran. Saya sangat menyarankan untuk menambahkan pada setiap teori yang telah dijelaskan dalam buku ini untuk lebih diaplikasikan ke dalam MPI. Semisal saya pribadi ingin mendesain suatu MPI yang beraliran konstruktivistik, nah bagaimanakan pengembangan atau tampilan yang sesuai dengan teori tersebut. Begitupun berlaku dengan teori-teori lainnya.

Sekian review singkat yang telah saya paparkan di atas. Terimakasih kepada pembaca yang telah berkenan meluangkan sedikit waktu untuk membaca tulisan review saya. Semoga dapat memberi informasi dan manfaat bagi penulis buku khusunya, dan bagi para pembaca umumnya. Saran dan kritik yang membangun atas review singkat ini sangat reviewer harapkan. Terimakasih.



DAFTAR PUSTAKA

 

Alessi and Trolip. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Boston: Allyn and Bacon.

Borg, W. & Gall, M. (1983), Educational Research: An Introduction 4th edition. New York: Longman Inc.

Chapman. (2009). Digital Multimedia. 3ed. New York: John Wiley & Sons.

Clark, Ruth Colvin and Mayer, Richard E. (2016).  E-  Learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers  and  designers  of multimedia learning, 4th  ed.  San  Francisco,  CA: John Wiley & Sons, Inc.

Höffler, T. N., & Leutner, D. (2007). Instructional animation versus static pictures: A meta-analysis. Learning and Instruction, 17, 722–738.

Ivers and Barron. (2002). Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing, 2ed. Westport: Teacher Ideas Press.

Lee, William W and Owens, Diana L. (2004). Multimedia- based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based  solutions,  2nd  ed.   San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.

Maloni, T.W., and Lepper, M.R. (1987). Making learning fun: A taxonomy of intrinsic motivation for learning. In

R.E. Snow & M.J. Farr (Eds.),  Aptitude,  Learning,  and InstructionaI. Conative and Affective Process Analysis. Hillsdale, N J: Lawrence Erlbaum.

Mayer, R.  E.  (2001).  Multimedia  learning  1st Edition.

Cambridge: Cambridge University Press.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning 2nd Edition.

Cambridge: Cambridge University Press.

Mayer, R. E., Mathias, A., & Wetzell, K. (2002). Fostering understanding of  multimedia  messages  through pretraining: Evidence  for  a  two-stage  theory of mental model construction. Journal of Experimental Psychology: Applied, 8, 147–154.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (1999) Cognitive principles of multimedia learning: The role of modality and contiguity. Journal of Educational Psychology, 91, 358–368.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). Engaging students in active learning: The case for personalized multimedia messages. Journal of Educational Psychology, 92, 724–733.

Morrison, Gary R. Designing Effective Instruction, 6th Edition. John Wiley & Sons, 2010.

Reddi UV, Mishra S. (2003). Educational multimedia: A handbook for teacher-developers. New Delhi: CEMCA Surjono, Herman D. (2013). Membangun Course Elearning berbasis   Moodle  Edisi     Kedua.   Yogyakarta:  UNY

Press.

Sweller, J. (1988). Cognitive load during problem solving: Effects on learning. Cognitive Science, 12, 257-285.

Vaughan, Tay. (2011). Multimedia: Making It Works. 8th Edition. New York: McGraw Hill.

Sumber : 

Buku: Herman Dwi Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama. Yogyakarta: UNY Press.
 

Posting Komentar untuk "REVIEW BUKU MPI: KONSEP DAN PENGEMBANGAN EDISI PERTAMA 2017 "