88 SMA SULBAR MEMATANGKAN KESIAPAN ASESMEN NASIONAL

88 SMA se-SULAWESI BARAT SIAP MELAKSANAKAN ANBK

AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum SMA akan dilaksanakan  Pada tanggal 27 s.d  30 September 2021. Ini adalah sistem penilaian baru. Sehingga proses ini akan menjadi pengalaman pertama bagi pihak sekolah maupun siswa. 

AKM sendiri merupakan salah satu unsur Asesmen Nasional yang juga meliputi survei karakter dan survei lingkungan belajar, beberapa hal yang perlu di persiapkan untuk kegiatan tersebut :

Persiapan Sekolah 

Muhammad Faezal Kepala Bidang SMA, meminta sekolah segera menyiapkan logistik untuk menggelar AKM, misal menyiapkan ruangan dan komputer.  Beberapa sekolah harus siap menjadi tuan rumah karena mungkin sekolah lain tidak memiliki logistik memadai.

Sistem teknologi informasi untuk menggelar AKM sudah disiapkan oleh pihak kementerian. Tentu saja sistem TIK tersebut tidak akan dapat berjalan tanpa dukungan logistik dari pihak sekolah. Jadi, sisi penyiapan logistik ini yang perlu disiapkan oleh sekolah.

salah satu kesipan pihak sekolah untuk menhadapi Asesmen nasional adalah melatih tim teknis dan proktor ANBK SMA.


Dokumentasi pelatihan tim teknis dan Proktor ANBK


 



Persiapan bagi Siswa

Sementara bagi siswa yang perlu disiapkan adalah kesiapan untuk mengikuti ujian itu sendiri. Sebab, peserta AKM akan dipilih secara acak. Dari satu sekolah, akan terpilih sebanyak 45 siswa dan 5 cadangan. Jadi ketika terpilih, diharapkan siswa tersebut siap untuk mengikutinya.

Karena soal AKM banyak menekankan pada kemampuan literasi dan numerasi, maka siswa ada baiknya mulai berlatih untuk memahami sebuah teks dalam bentuk informasi atau sastra. Siswa diharapkan tidak hanya mampu membaca namun juga dapat menarik pemahaman untuk dari teks yang dibaca tersebut.

Persiapan bagi Orang Tua

Adapun yang perlu dilakukan orang tua adalah terus memantau proses belajar anak-anaknya. Tidak perlu bagi orang tua memasukkan anak-anaknya ke lembaga bimbingan belajar hanya untuk menghadapi AKM ini.

Orang tua harus tahu bahwa AKM tidak memiliki konsekuensi negatif apapun terhadap pembelajaran. Tujuan dari AKM hanya untuk memotret kualitas pendidikan yang ada di Indonesia saat ini.

Dikesempatan yang berbeda "Muhammad Faezal " dalam hal ini Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provensi sulawesi Barat menjelaskan sebenarnya tidak perlu takut menghadapi tes AKM ini. Sebab semuanya tidak akan memiliki dampak negatif apapun baik pada sekolah dan siswa. Hanya saja memang dibutuhkan persiapan untuk menghadapi prosesnya. 

HJ. HALIMA (Kepala SMAN 1 Mamuju)

Menangapi hal tersebut, Kepala SMAN 1 Mamuju "HJ. Halima" membentuk tim asesmen Nasional di tingkat sekolah yang dimana tim ini menjadi tim kerja dalam mepersiapkan pelaksanaan Asesmen Nasional baik kesipan sarana dan prasarana, kesiapan Guru, serta kesiapan siswa itu sendiri.

dilain kesempatan kepala SMAN 1 Mamuju "Hj. Halima" menyampaikan dalam kutipanya  "Insyaallah kami berniat untuk Selalu bekerja tanpa resiko Makanya harus duduk bersama membahas pertemuan tatap muka terbatas di sekolah,tidak ada yang berat' jika di lakukan dengan ihlas Mohon doata semua orang tua tua wali siswa doakan kami para guru agar selalu Sehat insyaallah hari Senin tgl 27 September 2021 Asasmen nasional berbasis komputer atau ANBK di laksanakan semoga berjalan lancar Dan dalam waktu dekat PTMT juga akan di laksanakan"

Beberapa Dokumentasi kegiatan persiapan pelaksanaan ANBK.


Rapat Dewan Guru Persipan ANBK


Rapat Pemantapan Persiapan ANBK
dihadiri Guru, Siswa serta tim teknis Asesmen

Melihat kesiapan tersebut Kepala Bidang SMA bapak Drs. Muhammad Faezal, M.Si di kesempatan berbeda, menyampaikan apresiasi setinggi tinginya kepada seluruh kepala SMA,  dan tim Asesmen se Sulawesi Barat atas persiapan yang dilakukan di masing masing sekolah. beliau berharap pada pelaksanaan di hari H kegiatan ini berjalan dengan baik tanpa kendala dan tetap menjaga protokol kesehatan, SEMANGAT...... MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA (kata beliau).


Sumber: 
Dokumentasi kegiatan Humas disdikbud
HandayaniNews


Posting Komentar untuk "88 SMA SULBAR MEMATANGKAN KESIAPAN ASESMEN NASIONAL"